Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
5483797002_56f1cb9f1c_b
Sumber: staticflickr.com

Sobat Rooang pasti tahu kalau di Korea Selatan ada tangga cantik, dan di Brazil tepatnya di kota Rio de Janeiro juga terdapat tangga cantik penuh seni lho. Ya, memang tangga itu dibuat oleh seniman Brazil bernama Jorge Selaron, sehingga nama tangga itu dinamakan dengan Escadaria Selaron. Tangga yang terbentang sejauh 125 meter ini dibalut dengan warna cerah yang sangat menginspirasi dan penuh kreatifitas.

Sumber: wikimedia.org
Sumber: wikimedia.org

Jika dilihat sekilas, Escadaria Selaron terlihat seperti tangga yang ditempeli ribuan perangko tak beraturan namun tampak indah saat dipandang. Nyatanya memang tangga ini dilapisi dengan 2000 keramik serta kaca dengan berbagai motif. Sebenarnya tangga ini merupakan sebuah karya yang tidak sengaja diciptakan oleh Selaron, dan menjadi sebuah ikon tersendiri bagi orang yang mengunjunginya. Orang-orang meninggalkan semangat, optimisme dan inspirasi pada tangga Escadaria Selaron, dan tentu saja sambil mengenang sang pencipta karya.

Sumber: http://www.travelwithean.com/
Sumber: http://www.travelwithean.com/

Lahir pada tahun 1947, Selaron senang mengeliling dunia, dan telah membuat puluhan ribu karya bahkan karyanya yang berhasil terjual mencapai 25 ribu karya. Pada tahun 1990, secara tiba-tiba Selaron mengubah tangga yang ada di jalan di daerah rumahnya, membuatnya menjadi unik dengan balutan warna-warna cerah. Walaupun karya ini merupakan karya paling kreatif yang dimiliki Selaron sebagai seorang pelukis, nyatanya dia menganggap karya ini tidak akan pernah terselesaikan.

Sumber: tossoffbowlines.files.wordpress.com
Sumber: tossoffbowlines.files.wordpress.com

Tetapi karya buatan Selaron ini berhasil membuat daerah Lapa menjadi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, dan menjadi salah satu ikon pariwisata penting bagi Brazil. Dan karena begitu fenomenal, bahkan tangga ini pernah masuk majalah internasional seperti National Geographic dan Time, membuat Selaron mendapat gelar Carioca, gelar khusus penduduk Rio de Janeiro yang banyak mendedikasikan diri untuk kota.

Sumber: staticflickr.com
Sumber: staticflickr.com

Secara tidak disadari oleh Selaron, dia telah mengubah kondisi ekonomi penduduk di sekitar tangga Selaron yang semula miskin dengan pendapatan rendah, menjadi berpenghasilan mencukupi semenjak tangga ini menjadi perbincangan para wisatawan dan menjadi destinasi penting untuk dikunjungi di Brazil.