Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Desain-pintu-rumah-jepang-terbaru
Sumber : http://hullalla.com/

Sobat rooang, siapa yang tidak suka dengan negara Jepang, Korea dan Cina? Setiap negara tersebut mempunyai karakteristik dan ciri khas masing-masing. Tapi apa yang bisa sobat rooang temukan melalui desain interior dari ketiga negara tersebut? Berikut penjelasannya!

Jepang

Konsep dasar desain interior pada rumah Jepang pada umumnya adalah kesederhanaan. Desain interior Jepang tidak terlalu suka dengan banyaknya peletakan furnitur, karena dengan demikian kita akan membuat ruangan di dalam rumah menjadi luas dan terasa lega, perasaan lega akan mudah didapatkan ketika memasuki rumah dengan desain interior seperti itu. Oleh karena itu, ada banyak orang di jaman sekarang yang menggunakan ruangan dengan desain Jepang sebagai tempat untuk menyendiri atau kadang bermeditasi karena memang ruangan seperti itu bisa membuat kita menenangkan pikiran.

Sumber : http://www.home-designing.com/
Sumber : http://www.home-designing.com/

Elemen Alam; Budaya Jepang sangat dekat dengan alam. Jadi, mereka memelihara hubungan dengan alam dengan memadukan unsur-unsur alam pada hunian mereka. Tambahkan tanaman khas Jepang seperti bambu mini atau bonsai untuk mendapatkan nuansa Jepang yang kental.

Sumber : http://spectrumpaint-indonesia.blogspot.co.id/
Sumber : http://spectrumpaint-indonesia.blogspot.co.id/

Sliding door; Pintu geser dalam desain interior Jepang dikenal dengan shoji. Pintu semacam ini menghemat tempat di ruangan yang kecil.

Sumber : https://id.pinterest.com/
Sumber : https://id.pinterest.com/

Elemen kayu dan bambu; Selain tanaman hias berupa bambu mini, furnitur berbahan kayu dan bambu adalah ciri khas desain interior rumah Jepang. Penduduk Jepang juga mengkreasikan bambu sebagai bahan untuk karpet, yang dikenal dengan tatami. Seperti contoh desain ruangan di atas yang menggunakan tatami sebagai elemen pada lantainya.

Baca juga: Meniru Karakteristik Desain Rumah Bergaya Jepang

Korea

Konsep dasar desain interior pada rumah Korea juga pada dasarnya hampir sama dengan Jepang namun perbedaan yang mencolok adalah desain furniturnya yang jauh lebih modern meskipun konsep interiornya tetap minimalis.

Sumber : http://www.1000bedroomdesign.com/
Kamar tidur gaya modern Korea. Sumber : http://www.1000bedroomdesign.com/
Sumber : https://www.ambatelen.com/
Ruang tamu ala Korea. Sumber : https://www.ambatelen.com/

Cina

Konsep interior gaya Cina sering juga disebut sebagai arsitektur gaya feng shui. Warna-warna yang mendominasi desain interiornya adalah putih, merah, hitam dan emas. Beberapa hiasan dinding bergambar naga , bunga teratai dan dewa-dewa kepercayaan orang Chinese juga sering digunakan sebagai elemen dekorasi pada ruangan. Lampion-lampion berwarna merah juga biasanya menjadi salah satu elemen dekorasi wajib pada interior gaya Cina tersebut.

Sumber : https://id.pinterest.com/
Kamar tidur konsep tradisional Cina. Sumber : https://id.pinterest.com/
Sumber : http://derevko.com.ua/
Sumber : http://derevko.com.ua/

Desain diatas mencerminkan gabungan gaya klasik oriental yang terlihat dari penggunaan bahan kayu dan gaya modern yang terlihat dari desain plafond putih dengan lampu kristal menjuntai diatasnya.

Dengan demikian ciri khas dari konsep interior gaya Cina adalah ornamen dan dekorasinya yang meriah dan mencolok, sobat!

Sudah bisa menemukan perbedaan dari ketiga gaya interior dari tiga negara ini, sobat?  Temukan inspirasi gaya desain interior lainnya hanya di rooang!