Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
IPAD_PANO
Sumber : http://arc-media.co.uk/

Masa depan dengan gambaran kehidupan yang akan dijalani oleh umat manusia sudah sering dibahas di berbagai aspek ilmu kehidupan yang lain. Kali ini, Rooang juga akan membahas tentang konsep masa depan, dari segi aspek bidang desain interior. Sobat rooang ingin tahu seperti apa konsepnya? Yuk, simak!

Munculnya Fitur Smart Homes

Di masa depan nanti, gambaran konsep rumah pintar akan semakin banyak bermunculan, sobat! Pada tahun 2016, saja konsep teknologi pintar dengan adanya bermacam-macam aplikasi di handphone sudah berkembang pesat dengan begitu banyak penggunanya. Sehingga konsep teknologi rumah pintar atau smart homes sudah bisa diprediksikan oleh para ahli teknologi di dunia. Dan dalam rangka mendukung program rumah pintar ini, beragam teknologi interior yang pintar akan diaplikasikan di dalam rumah sebagai langkah untuk mempermudah pekerjaan rumah sehingga akan menolong banyak sobat rooang di masa depan, nanti.

Sumber : http://foodtechconnect.com/
Sumber : http://foodtechconnect.com/

Seperti yang tampak pada gambar di atas, tampilan teknologi interior rumah pintar terlihat pada area dapur berikut ini. Area kompor didesain dari sebuah lapisan metalik berwarna hitam kemudian di instal dengan aplikasi pintar yang akan otomatis menyala dengan setting sebagai sebuah kompor jika diletakkan panci atau wajan di atasnya.

Teknologi 3D Printing

Sumber : http://mydecorative.com/
Sumber : http://mydecorative.com/

Teknologi 3d printing memang sedang dikembangkkan untuk mempermudah penyampaian ide-ide menarik dan kreatif dari para desainer terhadap klien. Banyak ide-ide kreatif yang hanya berakhir di kertas saja karena perwujudannya yang sulit serta membingungkan. Dengan dikembangkannya teknologi pintar 3d printing ini, sobat rooang yang merupakan para desainer bisa mewujudkan bentuk-bentuk ide furnitur atau juga instalasi yang berbentuk out-of -the box seperti berikut ini!

Sumber : http://draw-link-group.com/
Sumber : http://draw-link-group.com/

Tiny House Movement

Suasana interior. Sumber : https://www.wrayward.com/
Suasana interior. Sumber : https://www.wrayward.com/

Gerakan rumah mungil yang berpindah-pindah ini sebenarnya sudah ‘ngetren’ di Amerika sana, sobat! Gerakan ini muncul sebagai bentuk respon atau tanggapan atas aktifnya gerakan perpindahan atau mobilisasi umat manusia. Sehingga muculnya rumah-rumah mungil yang diberu roda layaknya sebuah mobil untuk mempermudah pergerakan atau mobilisasi manusia yang semakin aktif di masa depan nanti.

Sumber : http://wayfaringgirl.blogspot.co.id/
Sumber : http://wayfaringgirl.blogspot.co.id/

Virtual Reality

Sumber : http://www.vrs.org.uk/
Sumber : http://www.vrs.org.uk/

Teknologi ini sudah booming di dua tahun terakhir, sobat! Namun, aplikasinya masih berkutat di aspek teknologi  dunia games. Dan jika perkembangan dunia virtual reality di masa depan juga bisa diaplikasikan untuk dunia arsitektur dan interior, betapa mudahnya para klien memahami maksud-maksud atau ide-ide ajaib para desainer. Virtual reality (VR) ini juga bisa digunakan untuk melihat dimana letak posisi yang sesuai untuk meletakkan furnitur dan berbagai elemen dekorasi yang lainnya.

Sumber : http://arc-media.co.uk/
Sumber : http://arc-media.co.uk/

Sustainable Design

Sumber : http://founterior.com/
Sumber : http://founterior.com/

Sebagai wujud kepedulian terhadap isu lingkungan yang semakin kritis, para arsitek memang sedang menggalakkan sustainable design yang berkonsep ramah lingkungan serta lebih banyak menggunakan material dari alam namun tetap memperhatikan kelestarian material alam tersebut.