Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
St-Basil-s-Cathedral-russia-33388434-1680-1050
Sumber : http://images6.fanpop.com/

Berbicara mengenai negara Rusia, salah satu yang dikenal adalah paham komunismenya yang populer di seantero dunia. Namun, apakah sobat rooang tahu mengenai gereja unik dan cantik yang penuh warna di Rusia berikut ini?

Gereja Katedral Saint Basil

Sumber : http://www.loop.co.id/
Sumber : http://www.loop.co.id/

Gereja ini adalah salah satu gereja Kristen Ortodoks yang paling terkenal di dunia. Gereja Katedral St. Basil ini dibangun sejak tahun 1555 kemudian diresmikan pada tanggal 12 Juli 1561. Gereja ini sempat dialihfungsikan menjadi museum pada 1929 pada pemerintahan komunis yang saat itu dengan kejam menutup semua jenis tempat ibadah, mulai dari gereja hingga masjid. Bahkan gereja ini nyaris diratakan dengan tanah. Untung saja gereja ini selamat dari kekejaman para elite komunis pada waktu itu dan berhasil bertahan hingga kini sebagai ikon negara Rusia yang paling terkenal. Dirancang oleh arsitek bernama Barma and Postnik Yakovlev, gereja ini dirancang sebagai bangunan gereja yang sangat berbeda dengan bangunan gereja pada umumnya karena memiliki 9 kubah warna-warni yang sengaja dibuat meninggi sebesar 47,5 meter, menyerupai lilin yang menyala dan dibuat dengan warna-warni yang terang seperti sebuah lolipop dengan ujung tiang salib di masing-masing kubah. Gaya arsitekturnya pun sangat khas negara Rusia yang tercermin dari desain eksterior bangunan serta finishing materialnya.

Sumber : http://images6.fanpop.com/
Sumber : http://images6.fanpop.com/

Jika sobat rooang perhatikan, di atas kubah gereja terdapat tanda salib. Konon menurut cerita, ini merupakan simbol penaklukan Kristen Orthodoks ketika itu atas Islam. Kazan sendiri merupakan basis kaum muslim dan belum tergabung dalam Rusia. Itu sebabnya kubah masjid di Kazan menginspirasi pembangunan kubah serupa di katedral St.Basil. Dengan aneka warna-warni, menjadikan kubah sedap dipandang mata, bahkan ada yang mirip buah durian.

Detail. Sumber : http://unikboss.blogspot.co.id/
Detail. Sumber : http://unikboss.blogspot.co.id/
Sumber : http://www.gudlakid.com/
Sumber : http://www.gudlakid.com/

Gereja Katedral ini telah dibangun atas perintah oleh Ivan Yang Ganas untuk menandai kemenangan bangsa Rusia atas penaklukan Kazan yang dikuasai Bangsa Tartar-Mongol tahun 1552. Gereja Katedral St. Basil ini juga dikenal sebagai salah satu bangunan kota Moskow tertinggi pada tahun 1600.

Kemudian Gereja Katedral St. Basil  yang terletak di Dataran Merah, Moscow, Rusia, kini sudah berubah fungsi dan dijadikan sebagai sebuah museum  secara resmi pada tahun 1990 dengan diberi nama Cathedral of the Intercession of the Most Holy Theotokos on the Moat, atau dalam nama yang lebih singkat disebut dengan nama Katedral Pokrovsky.