Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Desain-roster-untuk-pagar
Sumber ; http://banyuwangi.org/

Mungkin satu dari banyaknya sobat rooang sudah pernah melihat secara langsung seperti apa bentuk roster jika sedang berada di toko bahan bangunan atau jika sedang dalam keadaan renovasi rumah. Roster memang lebih sering disebut oleh kebanyakan orang dengan lubang ventilasi udara, atau loster, angin-angin atau kerawangan. Dan meskipun memiliki beragam cara penyebutan, roster tetap berfungsi sama kok, sobat! Dan di jaman kekinian seperti sekarang ini, roster tidak hanya digunakan untuk sekedar melengkapi elemen lubang ventilasi saja di sebuah rumah. Namun sekarang roster juga diaplikasikan sebagai elemen dekorasi interior yang cantik seperti berikut ini!

Area dekat tangga

Mendesain dinding atau sekat pada area dekat tangga rumah memang menjadi primadona/kegemaran, sobat! Mulai dari memajang wallpaper kesukaan, menempel pajangan favorit hingga meletakkan foto-foto anggota keluarga. Dan mengaplikasikan roster beton berwarna putih di area dekat  tangga ini pun bisa juga sobat rooang lakukan untuk memberikan kesan ruangan yang alami bernuansa tropis.

Sumber : http://www.interdesain.com/
Sumber : http://www.interdesain.com/

Ruang keluarga

Mendesain sebuah ruang keluarga tentu tidak lepas dari unsur kenyamanan, sobat rooang. Begitu juga yang tampak pada ruangan berikut ini. Ruang keluarga bergaya chic-modern ini kental sekali dengan nuansa dan kesan elegan serta mewah. Namun agartetap berkesan berada di negara tropis, maka penggunaan roster diaplikasikan pada kedua dinding ruang keluarga ini, sobat! Sirkulasi udara juga akan lebih lancar dan udara di dalam ruangan menjadi lebih sehat.

Sumber : http://infobisnisproperti.com/
Sumber : http://infobisnisproperti.com/

Area void

Inspirasi tentang aplikasi roster yang berikutnya hadir dari, Breathing House karya Atelier Riri yang sangat terkenal. Mengusung konsep rumah modern dengan banyaknya bukaan dan celah agar ‘rumah bisa bernafas’ sebagaimana mestinya, penggunaan batu-bata yang dipasang menyerupai sebuah roster ini tentu sangat menakjubkan ya, sobat! Fungsi roster di area void rumah tiga lantai ini adalaha untuk sebagai elemen dekorasi eksterior dan interior serta sebagai jalur keluar-masuknya cahaya dan udara ke dalam rumah.

Breathing House-Atelier Riri. Sumber : http://www.archdaily.com/
Breathing House-Atelier Riri. Sumber : http://www.archdaily.com/

Area tangga & void

Penggunaan roster beton kembali hadir di area dekat tangga dan void, sobat! Namun kali ini desain roster memanjang dari lantai satu hingga lantai dua area dengan padu-pada beton ekspos dan dinding batu bata ekspos di sisi dinding lainnya. Penggunaan roster untuk area ini dimaksudkan agar ruangan menjadi lebih luas dan lebar tidak terhalang oleh batas dinding tembok.

Rumah Kos Andy Rahman. Sumber : http://www.andyrahmanarchitect.com/
Rumah Kos Andy Rahman. Sumber : http://www.andyrahmanarchitect.com/

Dinding

Roster memang pada umumnya diaplikasikan di dinding sebagai alternatif pengganti jendela. Dan aplikasi roster beton pada dinding ruangan ini terletak di bagian bawah dengan di bagian atasnya hadir padu-padan kisi-kisi besi yang ditambahkan elemen dekorasi berupa tanaman merambat agar dinding tampak lebih cantik.

Sumber : http://infobisnisproperti.com/
Sumber : http://infobisnisproperti.com/

Tertarik untuk mengaplikasikan roster di rumah sobat? Yuk, start a project disini!