Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Ubrus-na-stole
Sumber: http://topwomen.cz/

Sobat Rooang, ingin melakukan sesuatu yang produktif di akhir pekan? Bagaimana kalau membuat taplak meja makan sendiri? Keuntungan yang bisa Sobat dapatkan, Sobat bisa berkreasi sesuka Sobat, dengan motif kain yang sesuai dengan keinginan Sobat. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana proses membuatnya?

Bahan yang dibutuhkan:

  • Mesin jahit
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Kain perca (motif bisa disesuaikan dengan motif kesukaan Sobat)

Kenapa Rooang menuliskan kain perca sebagai bahan utama?

Karena kain perca memiliki banyak motif yang bisa Sobat pilih sesuai kebutuhan dan keinginan Sobat. Selain itu, harga kain perca per meter tidaklah semahal kain jenis lainnya. Sobat juga bisa menemukan kain perca dengan mudah di berbagai toko kain.

Apakah bisa menggunakan kain jenis lain?

Tentu saja bisa, asalkan mudah untuk dijahit dengan mesin jahit pribadi, karena kain tertentu juga harus dijahit dengan jarum jahit tertentu.

Step 1

Sebelum memulai membeli kain, ada baiknya Sobat mengukur lebar dan panjang meja yang akan dipasang taplak nantinya, agar bisa menyesuaikan dengan panjang kain yang akan dibeli. Tapi jangan terlalu pas dengan panjang dan lebar kain, sisakan beberapa senti.

Setelah membeli kain yang diinginkan, bentangkan kain di atas meja yang akan diberi taplak. Yang perlu diingat, bentangkan dengan posisi terbalik, motif berada di dalam meja.

[Baca juga: Tutorial Dekorasi Agar Ruangan Terkesan Mewah]

Sumber: http://happystronghome.com/
Sumber: http://happystronghome.com/

Step 2

Tarik kain di salah satu sisi, tarik sampai kain menjadi ketat.

Sumber: http://happystronghome.com/
Sumber: http://happystronghome.com/

Step 3

Tanpa menggeser kain (kalau perlu taruh beban berupa buku besar agar kain tidak bergeser), satukan dengan jarum. Setelah mengaplikasikan langkah 2 pada semua sisi meja, saatnya untuk menjahit. Jahit sisi yang tadi direkatkan dengan jarum.

Sumber: http://happystronghome.com/
Sumber: http://happystronghome.com/

Step 4

Setelah selesai menjahit seluruh sisi, saatnya membalik kain, dengan motif di bagian atas. Lalu coba pasang ke atas meja yang tadi telah diukur panjang dan lebarnya. Tentunya akan pas masuk menutupi seluruh meja jika Sobat melakukan sesuai dengan langkah yang ada di atas.

Step 5

Untuk mempercantik tampilan agar terkesan rapi, potong kain yang tidak terpakai, jahit rapi pada tepi kain agar tampilan makin cantik.

Sumber: http://happystronghome.com/
Sumber: http://happystronghome.com/
Sumber: http://thehomesihavemade.com/
Sumber: http://thehomesihavemade.com/

how-to-sew-a-boxed-corner-23

Nah, mudah banget kan? Sobat juga bisa menerapkan cara ini pada kursi, atau furniture lain yang ingin Sobat bungkus agar terhindar dari debu.