Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
6a00d8358081ff69e201b8d235a1a5970c
Sumber: A Beautiful Mess

Kain celup atau istilahnya dye cloth adalah salah satu seni mencelupkan kain untuk mendapatkan warna yang berbeda, dan terkadang juga terdapat motif unik. Kali ini Rooang akan memberikan tutorial membuat cover bantal, yang tak biasa. Apa yang berbeda? Sobat akan membuat kain bahan untuk cover bantal dengan cara dicelupkan ke dalam pewarna kain. Penasaran? Simak yuk!

Rooang tidak akan menjelaskan secara detil tentang cara membuat cover bantal, karena Sobat bisa melihat artikel tutorial lain dari Rooang tentang membuat cover bantal.

[Baca juga: DIY Mini Pom Pom Pillow, Bantal Sofa Cantik Pemanis Ruangan ]

Sobat perlu menyiapkan peralatan untuk membuat kain celup, bahan utama dalam membuat cover bantal ini. Rooang akan memberikan daftar peralatan yang dibutuhkan, dan jika Sobat kesulitan mendapatkan salah satu bahan, Sobat dapat menggantinya dengan alternatif lainnya yang akan Rooang berikan.

Yuk simak!

Bahan yang Diperlukan:

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess
  • Kain kanvas yang memiliki ukuran sesuai dengan bantal yang akan diberi cover nantinya. Pilihkan jenis kain kanvas yang bertekstur lembut.
  • Pewarna kain
  • Larutan HCl (bisa didapatkan di toko kerajinan batik)
  • Penjepit (bisa berupa penjepit kayu atau pun penjepit plastik untuk jemuran)
  • Sarung tangan plastik
  • Ember

Pastikan Sobat memilih ruangan terbuka untuk melakukan proses pencampuran warna pada kain kanvas, karena kebanyakan pewarna untuk dye memiliki bau yang menyengat dan akan membuat polusi di ruangan. Jangan lupa juga siapkan alat-alat untuk menjahit kain setelah selesai dicelup atau dye.

Step 1

Cucilah kain kanvas menggunakan deterjen dengan formula yang dapat melembutkan kain. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan zat kimia, minyak dan kotoran yang menempel pada kain. Jika Sobat ingin melakukan pengerjaan dye saat ini juga, biarkan kain yang telah dicuci dengan keadaan basah.

Namun jika Sobat memilih menggunakan kain bersih yang sudah kering, jangan lupa untuk terlebih dahulu membasahinya dengan air.

Step 2

Siapkan satu ember untuk diisi dengan air dan pewarna kain, satu ember untuk larutan HCl yang dicampur dengan air, dan satu ember lagi yang berisi air bersih. Jadi total adalah tiga ember, dan jangan lupa lakukan kegiatan ini di halaman yang terbuka.

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess

Step 3

Bentangkan kain sebelum di masukkan ke dalam ember-ember berisi larutan. Jika Sobat akan membuat cover bantal, tentu Sobat membutuhkan dua lapis kain yang ditumpuk menjadi satu. Kemudian, pasa satu sisi, jepitlah menggunakan penjepit jenis apapun yang Sobat punya, ataupun bisa ditali dengan karet gelang.

Tujuan dari menjepit atau mengikat dengan karet gelang adalah untuk memberikan motif yang unik pada kain saat proses pencelupan. Jadi langkah ini sebenarnya bisa dilakukan sesuai dengan keinginan Sobat dan motif seperti apa yang menurut Sobat paling gampang untuk diterapkan.

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess

Step 4

Celupkan kain secara perlahan ke dalam ember berisi larutan air dan pewarna kain. Celupkan sampai seluruh bagian kain terendam dengan larutan. Gunakan sarung tangan plastik agar tangan Sobat tidak terkontaminasi warna.

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess

Step 5

Diamkan selama beberapa saat, sekitar setengah jam dengan cara diangin-anginkan dan terkena sinar matahari. Setelah setengah jam, celupkan lagi ke dalam larutan HCl. Larutan ini berfungsi sebagai zat untuk mempertajam warna agar makin mencolok setelah kain selesai dalam proses pencelupan ini. Terakhir, bilas dengan air bersih hingga kain sudah tidak luntur dan benar bersih.

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess

Setelah seluruh langkah-langkah selesai dilakukan dan kain dye pun sudah kering, saatnya untuk menjahit. Sobat bisa menyimak tutorial membuat cover bantal yang sebelumnya pernah dibagikan oleh Rooang, karena caranya masih sama.

[Baca juga: DIY Boho Modern Pillow, Bantal Dekoratif Cantik di Ruangan ]

Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess
Sumber: A Beautiful Mess

Cover bantal pun sudah jadi dan siap dijadikan sebagai penutup bantal yang akan mempercantik dekorasi ruangan Sobat. Tata bersama bantal-bantal lainnya, terutama di dalam ruangan yang berkonsep ala scandinavian yang serba putih. Selamat mencoba!

 

 

1 COMMENT