Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
can-we-install-laminate-over-parquet-flooring
Sumber : http://www.laminate-flooring.com.sg/

Seperti dalam artikel sebelumnya, lantai bukan lagi hanya sekedar tempat berpijak dalam sebuah hunian atau bangunan. Aspek dekoratifnya mulai diperhitungkan dan diperhatikan di era modern dan serba kekinian seperti sekarang. Lalu hadirlah beragam jenis penutup lantai yang bisa mengakomodasi beragam keinginan dan selera dari para sobat Rooang. Termasuk diantaranya adalah parket dan vinyl. Manakah yang lebih unggul dari segi perawatannya? Berikut ini jawabannya :

Parket

Sumber : www.borgamarmi.it
Sumber : www.borgamarmi.it

Penutup lantai yang bernama Parket, dibuat dengan cara menyusun potongan-potongan kayu untuk dijadikan sebuah penutup lantai. Lantai parket memiliki permukaan dengan tekstur kayu yang bisa memberikan kesan mewah dan juga nyaman dalam ruangan. Selain karena estetika, menggunakan parket juga bisa memberikan dampak positif pada kesehatan penghuni rumah. Karena parket bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di dalam ruangan, sobat!

Ketahanan

Parket dibagi menjadi dua jenis parket yakni parket yang terbuat dari kayu solid dan parket yang terbuat dari kayu laminated atau sintesis. Jika mengaplikasikan lantai parket dengan bahan kayu solid, maka hunian milik sobat Rooang akan mempunyai penampilan yang lebih bagus atau menarik karena menggunakan material langsung dari pohon dan untuk segi keawetan juga lebih baik dari pada jenis lantai kayu lainnya. Namun aspek ketahanan lantai parket tidak terlalu prima jika dibandingkan dengan lantai vinyl. Parket lebih mudah tergores oleh pergeseran furnitur atau barang-barang yang ada di rumah, sobat!

Kelembapan

Kelemahan menggunakan parket kayu solid adalah relatif rawan terhadap kelembapan karena parket kayu solid masih bisa memuai dan menyusut, sobat.

Perawatan

Untuk perawatan sama saja dengan penutup lantai yang lainnya sobat, hanya saja jika ingin membersihkannya dengan lap atau kain pel usahakan jangan membasahinya terlalu basah sob! Karena membersihkan parket dengan lap basah akan merusak lantai parket dan membuatnya lebih cepat lembap dan busuk.

Sumber : http://www.karyaparket.com/
Sumber : http://www.karyaparket.com/

Warna

Aplikasi warna pada parket lebih cepat pudar dibandingkan dengan vinyl, sobat! Apalagi jika sering terpapar oleh sinar matahari. Sehingga parket lebih sering disarankan untuk digunakan di area dalam ruangan saja.

Sumber : http://www.laminate-flooring.com.sg/
Sumber : http://www.laminate-flooring.com.sg/