Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Images-of-Bathroom-Tile-Designs-With-Granite-Colour-Theme
Sumber : http://iranbourse.co/

Lantai ternyata kini bukan hanya sebagai tempat berpijak saja sobat. Namun lantai sudah menjadi bagian penting dalam menentukan gaya dan konsep desain interior yang akan digunakan. Oleh karena itu, penting bagi sobat Rooang untuk mengenali ragam jenis penutup lantai yang memiliki karakteristik unik pada setiap jenisnya. Apa saja ragam jenis penutup lantai yang populer di pasaran? Rooang punya jawabannya untuk sobat!

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Jika pada jaman dahulu lantai pada sebuah hunian hanya di-finishing menggunakan keramik atau ubin berwarna putih untuk memberikan kesan bersih, sekarang trik tersebut sudah tidak digunakan lagi. Jaman sekarang, lantai bisa di-finishing dengan beragam cara dengan menggunakan berbagai pilihan ragam jenis penutup lantai yang bervariatif. Tinggal menyesuaikan saja dengan selera dan ambiance ruangan yang ingin dibangun oleh sobat Rooang saja kok!

Homogeneous Tile 

Homogeneous tile ini juga sering disebut dengan nama ubin granit sobat. Proses pembuatannya pun sebenarnya hampir sama dengan keramik, namun yang membedakan adalah homogeneous tile hanya memiliki satu lapisan yang sama dari bagian atas hingga bawah (homogen). Homogeneous tile ini melewati proses pembakaran di atas suhu 1.200 derajat Celcius dengan tekanan tinggi sobat. Sehingga mengakibatkan homogeneous tile memiliki daya serap yang rendah terhadap air yaitu sekitar kurang dari 0,05%.

Sumber : http://indogress.com/
Matte Homogeneous tile. Sumber : http://indogress.com/

Homogeneous tile dibagi menjadi dua jenis sobat, yaitu matte dan glossy. Untuk perawatannya pun hampir sama dengan merawat lantai keramik. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan, jika sobat mengaplikasikan lantai homogeneous tile glossy maka harus lebih berhati-hati apalagi jika lantai tersebut ketumpahan noda kecap,minyak atau saos sambal. Karena jika membiarkan lantai homogeneous tile glossy yang terkena noda terlalu lama, noda tersebut akan masuk ke dalam pori-pori homogeneous tile dan membuatnya sulit dibersihkan. Untuk itu, kurang direkomendasikan untuk mengaplikasikannya di area dapur karena rentan terhadap kuman dan noda membandel.

Glossy Homogeneous tile. Sumber : http://www.rizestudios.com/
Glossy Homogeneous tile. Sumber : http://www.rizestudios.com/