Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
DIY-Knot-Pillow-Erin-7
Sumber: wp.com

Memilih bantal dekoratif di atas sofa memang menjadi hal menyenangkan, karena bantal-bantal ini biasanya memiliki desain yang lucu dan unik, membuat pandangan menjadi betah berlama-lama memilih. Namun bagaimana jika Sobat membuat sendiri bantal sofa tersebut? Tentu bentuknya yang anti mainstream, agak tampilan ruangan Sobat juga makin unik.

[Baca juga: DIY Mini Pom Pom Pillow, Bantal Sofa Cantik Pemanis Ruangan ]

Kali ini Sobat akan membuat sebuah knot pillow, berbentuk seperti tali simpul yang unik. Sobat yang tertarik membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

Bahan yang diperlukan:

  • Kain kaos, atau kain yang dapat melonggar saat ditarik
  • Penggaris
  • Mesin jahit (bisa diganti jahit tangan)
  • Jarum pentul
  • Gunting
  • Kertas karton tebal yang digulung
  • Kapas dakron

Langkah Pembuatan

Sebelum Sobat memulai langkah pembuatan, ada baiknya Sobat menentukan terlebih dahulu seberapa panjang kain yang Sobat butuhkan untuk membuat bantal dekoratif ini. Rekomendasi Rooang, Sobat bisa menyiapkan sekitar setengah meter kain, atau 50 cm.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.co

Step 1

Bagilah kain 50 cm tersebut menjadi dua bagian sama panjang, yaitu 25 cm per bagian.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.com

Step 2

Pada masing-masing bagian, lipatlah menjadi 2, kemudian sematkan jarum pentul pada sisi-sisi yang terbuka, seperti tampak pada gambar di atas.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.com

Step 3

Lalu pada sisi yang disematkan jarum pentul, jahitlah secara rapi menggunakan mesin jahit atau jahit tangan. Lepaskan jarum ketika jahitan hampir mengenai permukaannya, karena fungsi dari jarum pentul sendiri sebagai cara agar kain tidak bergerak saat dijahit dan agar jahitan rapi. Lakukan hal ini pada dua bagian kain.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.com

Step 4

Masukkan gulungan kertas karton tebal ke dalam satu sisi kain yang telah dijahit rapi. Pastikan jika seluruh permukaan kain masuk ke dalam kain. Fungsi dari kain melar ini supaya seluruh permukaan karton dapat masuk dengan sempurna.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.com

Step 5

Saatnya untuk memasukkan kapas dakron melalui lubang karton yang sudah dimasukkan tadi. Masukkan kapas dan dorong menggunakan penggaris, lalu lepas karton secara perlahan setelah seluruh dakron memenuhi isi kedua bagian kain tersebut.

Sumber: wp.com
Sumber: wp.com

Step 6

Jahitlah bagian sisi untuk menutup dua bagian kain ini. Nah, dua bantal panjang berbentuk tali pun telah siap, tinggal Sobat mengikatnya untuk membentuk sebuah knot pillow.

Bagaimana caranya?