Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
tumblr_nxwuy4iPXe1r7og6go7_1280
Sumber: http://thishouseourhome.com

Sobat tentu ingin kamar mandi yang selalu segar dan tidak lembab, karena kamar mandi adalah ruangan yang mendapatkan pasokan air lebih banyak daripada ruangan lainnya. Maka menjaga kamar mandi tetap dalam keadaan kering dan segar adalah salah satu kewajiban yang harus Sobat lakukan. Salah satu cara untuk mendapatkan kamar mandi yang senantiasa segar adalah dengan menggantungkan tanaman eukaliptus di dalam kamar mandi.

Tanaman asli Australia

Eucalyptus atau eukaliptus dalam bahasa Indonesia merupakan tanaman yang sangat terkenal dan berasal dari daerah Australia. Meski begitu, tanaman eukaliptus ini juga tumbuh di bagian Papua Nugini, Filipina dan juga beberapa daerah di Indonesia. Eukaliptus sendiri merupakan nama pohon yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya tertutupi dengan baik. Eukaliptus dikenal sebagai makanan utama dari beberapa binatang yang utamanya merupakan miliki Australia, alias hewan yang memang berasal dari Australia, seperti koala dan kangguru. Namun demikian, sangat jarang ditemui konsumsi eukaliptus pada manusia.

Manfaat eukaliptus untuk rumah

Eucalyptus sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, walaupun tidak dapat dikonsumsi. Begitu pula eukaliptus juga memiliki manfaat tersendiri untuk rumah yang ditanami atau dihias dengan tanaman eukaliptus. Apa saja manfaatnya?

1. Sebagai hiasan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jenis atau spesies dari eukaliptus yang paling sering dimanfaatkan kayunya ialah spesies Karri dan Eucalyptus Melliodora, dimana kedua spesies tersebut sering dimanfaatkan sebagai pembuatan hiasan dan ornament, baik ornamne rumah maupun ornament ukiran lainnya.

2. Sebagai pewangi

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tidak hanya kayunya yang bermanfaat, namun juga daun eukaliptus memiliki manfaat yang yang banyak bagi manusia. Salah satunya adalah sebagai pewangi dan parfum. Daun dari phon eukaliptus didistilasi hingga menghasilkan minyak eukaliptus. Minyak eukaliptus inilah yang kemudian diolah dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain sehingga terciptalah suatu produk wangi-wangian yang dapat kita gukana sehari-hari. Campuran wangi-wangian yang menggunakan minyak eukaliptus biasanya memiliki wangi yang segar dan melegakan.

3. Menolak serangga

Sumber: architecturendesign.net
Sumber: architecturendesign.net

Biasanya ketika Sobat mencari produk-produk untuk mencegah masuknya serangga ke dalam rumah, atau mencegah tubuh Sobat dihinggapi serangga seperti nyamuk dan lalat, maka Sobat akan mencari obat nyamuk yang ampuh. Ternyata, minyak eukaliptus juga dapat menjadi salah satu bahan dasar pembuatan obat anti serangga yang dijual bebas di pasaran. Minyak eukaliptus memiliki kemampuan menolak serangga dengan baik, sehingga menjadi pilihan utama dalam pembuatan obat anti serangga, selain lavender dan akar wangi.

Karena memiliki manfaat yang cukup berguna untuk keperluan di dalam rumah, tak ada salahnya jika Sobat menggantung beberapa batang tanaman eukaliptus di dalam kamar mandi. Selain memberikan wangi dan kesegaran, eukaliptus juga dapat mencegah serangga masuk ke dalam kamar mandi.