Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
the-ultimate-air-care-pcv
Sumber: samsung.com

Bisakah Sobat bayangkan rumah di area perkotaan dengan temperatur yang tinggi tanpa menggunakan AC? Banyak orang yang membutuhkannya, sangat tidak nyaman bila rumah dengan hawa yang panas tanpa AC. Tapi di samping manfaatnya, banyak peneliti percaya AC juga punya efek yang kurang baik.

Beberapa ahli menyebut bahwa AC memperburuk efek dari penderita arthritis (radang pada sendi) dan neuritis (radang pada syaraf). AC juga memperburuk efek dari penderita sinus. Selain reaksi yang gampang dan cepat terlihat seperti tersebut diatas, AC juga memilki reaksi halus dalam jangka panjang yang berefek buruk pada kesehatan sesorang.

Hasil penelitian pada orang yang tinggal dalam ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama menunjukkan bahwa mereka lebih rentan untuk terkena penyakit pilek, dan flu dibandingkan orang yang bekerja diluar ruangan atau tidak terkena AC. Hal ini juga menunjukkan bahwa tubuh bisa mengalami stress jika menghadapi perubahan suhu yang secara tiba-tiba, dari cuaca diluar rumah yang panas kemudian masuk dalam rumah yang menggunakan air conditioner (AC).

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang telah terbiasa berada dalam ruangan atau lingkungan yang ber-AC sangat sulit untuk menghadapi dan beradaptasi dengan musim panas. Banyak mereka yang mengalami sakit akibat perubah suhu yang signifikan antara diluar ruangan yg bersuhu antara 30-45 derajat celcius dan suhu didalam ruangan antara 10-15 derajat celcius. Perubahan suhu ini akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan sesorang.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Memang penggunaan AC tidak melulu menghasilkan dampak negatif, masih ada manfaat darinya. Bila cuaca di luar rumah panas, penyejuk udara menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan. AC bisa menghilangkan panas akibat penyakit ruam, mengurangi penyakit demam, membersihkan udara yang kotor, dsb.

Keputusan menggunakan AC tentu saja tergantung pada Sobat. Setelah mempertimbangkan hal pro dan kontra, mungkin sebagian besar orang akan tetap menggunakannya, tapi gunakan dengan bijak, berhematlah. Kondisikan suhu ruangan tidak terlalu dingin, dan jangan terlalu tergantung pada AC. Jika Sobat baru akan membangun rumah, mintalah arsitek Sobat mendesain rumah dengan sirkulasi udara yang baik. Jika rumah sudah terlanjur dibuat, tanamlah banyak pohon agar lingkungan rumah menjadi lebih teduh dan sejuk.

Dan di Rooang, para profesionalnya mampu untuk mewujudkan hunian sehat dengan sirkulasi udara baik untuk Sobat. Tentu juga sesuai dengan hunian impian Sobat.