Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
japanese-interior-with-staircase-ideas
Sumber: http://homemydesign.com

Gaya dekorasi dan desain rumah Jepang seperti yang kita lihat akhir-akhir ini terkesan menjadi ala kebarat-baratan, bukan merupakan gambaran yang benar dari rumah khas di Jepang sana. Di Jepang sebuah ruangan di rumah haruslah ditata sebaik mungkin karena merupakan representasi dari karakter penghuni dan lingkungannya.

Menaruh barang dekat pintu

Sumber: wikimedia.org
Sumber: wikimedia.org

Hal pertama yang paling sering kita tahu mungkin adanya ruangan tempat menaruh barang di dekat pintu masuk rumah, semacam ruang di mana siapa saja bisa meninggalkan sepatu mereka dan alas kaki mereka agar tidak tercampur di dalam rumah.

Ini adalah budaya di Jepang sejak dahulu ketika rumah-rumah mereka masih menggunakan tatami tapi hari ini walaupun banyak rumah modern yang sudah dibangun tapi mereka masih memegang teguh tradisi menaruh sepatu di dekat pintu masuk dengan filosofi memisahkan kesibukan dan keriuhan di luar rumah dengan ketenangan yang didapat ketika kita di rumah

Dominasi warna putih

Sumber: http://homemydesign.com
Sumber: http://homemydesign.com

Warna yang paling umum digunakan di Jepang adalah warna putih dengan hitam sebagai dasar untuk memberi efek highlight, yang terpenting adalah ketika kita berniat mendekorasi ruangan ala Jepang buatlah seharmonis mungkin sesuai prinsip Yin dan Yang. Banyak tekstur yang diterapkan pada desain model rumah Jepang untuk konstruksi dan dekorasi termasuk kayu cedar untuk dinding, lantai bambu berdekorasi batu, furniture dari rotan serta bantal.

Minim perabotan

Sumber: http://homemydesign.com
Sumber: http://homemydesign.com

Penataan furnitur harus sedemikian rupa yang memungkinkan ada keharmonisan antara perabotan yang satu dengan yang lain, di tengah ruang misalnya dapat dijadikan focal point di mana semua fokus tertuju seperti menempatkan taman batu mini.

Yang terpenting ketika kita memang ingin mendesain rumah seperti model Jepang usahakan jangan terlalu banyak perabotan dan aksen berlebih karena konsep desain Jepang sendiri adalah minimalis yang mengutamakan harmonisasi.