Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Furniture-care-wood
Sumber: http://www.jordans.com

Rayap menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap, meskipun tergolong serangga dengan bentuk fisik yang sangat kecil namun memiliki kemampuan untuk merusak dan menghancurkan sebuah rumah atau bangunan.

Karena kemampuannya dalam merusak bangunan rumah Sobat, rayap menjadi musuh terbesar yang harus diwaspadai sebelum rayap benar-benar merusak rumah. Kegemarannya memakan kayu bisa menyebabkan material khususnya yang berbahan dasar kayu di rumah Sobat rusak, dan secara perlahan-lahan akan membuat rapuh beberapa bagian dari rumah.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Bagian komponen bangunan yang rawan terhadap serangan rayap adalah balkon, teras, sambungan talang air hujan, kerangka atap, ventilasi, hubungan antara dinding bata dan ampik kayu, serta hubungan antara dinding bata dan atap. Juga sudut dinding, hubungan sudut antara kusen dan dinding batu, pasangan dinding yang berhubungan dengan bak bunga, retak-retak pada dinding bata, serta hubungan antara dinding dengan pondasi.

Rayap merupakan penyebab utama dari semua kerusakan elemen konstruksi bangunan terutama yang berbahan dasar kayu seperti: lantai, dinding, rangka plafond, kuda-kuda, dan berbagai macam perabotan yang terbuat dari kayu seperti: kusen (pintu/jendela), panel (pintu/jendela), lemari, kitchen set, dsb. Rayap bekerja merusak rumah Sobat selama 24 jam perhari, dan rayap akan terus bekerja sepanjang tahun sampai kerusakan pada bagian rumah betul-betul terjadi.

Tips melindungi rumah dari rayap

Sumber: http://www.jordans.com
Sumber: http://www.jordans.com

1. Membersihkan saluran air dan selokan.

Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.

2. Memperbaiki pipa dan keran air yang bocor

Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Sobat selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.

3. Mengurangi penggunaan kayu di dalam rumah

Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

4. Menjaga kebersihan lubang ventilasi

Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah.

5. Merawat elemen kayu secara berkala

Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.

2 COMMENTS