Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
4980323dd2a559536998758f46988ad9
Sumber: Pinterest

Apartemen tipe studio adalah jenis hunian dengan ukuran yang compact dan dari segi harga sangat terjangkau untuk beberapa kalangan. Apartemen tipe studio adalah jenis hunian yang sangat cocok buat pelajar, mahasiswa atau karyawan yang belum berkeluarga. Apartemen tipe studio terdiri atas satu kamar, sangat terjangkau dibanding apartemen tipe premium dengan beberapa kamar. Masyarakat membeli apartemen biasanya berdekatan dengan tempat mereka melakukan aktifitas, bekerja atau sekolah/kuliah.

Selain ukurannya yang compact, apartemen tipe studio sebenarnya menawarkan berbagai keuntungan bagi penghuninya. Jika Sobat termasuk orang yang merasa kesulitan jika harus tinggal dan merawat hunian (apartemen atau rumah) yang berukuran luas, sebaiknya Sobat memilih apartemen tipe studio ini. Jangan kahawatir masalah fasilitas atau desainnya, banyak pengembang sekarang yang menyediakan unit-unit apartemen tipe studio dengan desain yang tidak kalah menarik.

 

Jenis apartemen studio

Apartemen tipe studio di beberapa tempat dan negara juga dikenal sebagai rusun, flat, flat studio, bachelor’s flat, bachelor’s studio, efficiency studio atau efficiency apartment. Apartemen tipe studio pastinya banyak terdapat di kawasan perkotaan, dimana harga sewa properti sangat tinggi dan kawasan hunian sudah sangat padat dan lahan yang terbatas. Jika kita lihat perusahaan properti yang mengembangkan unit-unit apartemen, ada pengembang yang khusus membangun apartemen tipe studio/flat/rusun saja, tetapi ada juga pengembang yang membangun apartemen tipe studio bersama dengan unit-unit apartemen lainnya yang lebih premium. Loft apartemen adalah jenis apartemen yang ukurannya lebih besar dari apartemen tipe studio, selain itu jumlah kamar dan fungsi ruangannya lebih banyak daripada apartemen tipe studio.

Ukuran apartemen studio

Sumber: home-designing.com
Sumber: home-designing.com

Sebagian besar apartemen tipe studio biasanya memiliki luasan antara 18 sampai dengan 21 meter persegi, tapi luasan 21 meter persegi adalah yang paling umum kita jumpai. Luasan sebesar 21 meter persegi ini sudah termasuk ruangan utama (main room), dapur+ruang makan dan kamar mandi. Untuk mendukung segala aktivitas kegiatan di dalam ruangan tersebut, sebaiknya Sobat yang tinggal di dalam apartemen tipe studio memaksimalkan ruangan seefisien mungkin. Gunakan furnitur multifungsi untuk menghemat penggunaan space di dalam ruangan apartemen tipe studio milik Sobat.

Jika Sobat ingin membagi main room menjadi beberapa fungsi, misalnya; antara ruang tidur dan living room, dapur+ruang makan, Sobat bisa menggunakan furnitur sebagai partisi pemisah ruangan. Kejelian dalam memilih, mendesain bentuk furnitur dan mengatur tata letak furnitur akan menjadi kunci sukses desain interior apartemen tipe studio. Kenyamanan apartemen Sobat sepenuhnya tergantung pada Sobat, bagaimana Sobat berkreasi dan mengatur tata letak barang-barang yang ada didalamnya.

Sumber: homedit.com
Sumber: homedit.com

Fitur

Beberapa apartemen tipe studio juga memilki kamar mandi di setiap main room, walaupun ukurannya mungil dan hanya terdiri dari closet duduk dan shower tanam didinding. Tapi beberapa apartemen tipe studio lainnya yang harganya lebih ekonomis menerapkan efisiensi jumlah kamar mandi, hanya memberi kamar mandi diluar main room dan harus berbagi dengan penghuni apartemen yang lainnya. Prisnipnya sama dengan bangunan kost-kostan dimana 1 kamar mandi untuk melayani 2 atau 3 main room penghuninya. Selain kamar mandi yang melayani beberapa apartemen tipe studio, biasanya juga terdapat ruang ganti, mesin cuci dan ruang kebugaran yang bisa dipakai secara bersama oleh bebrapa penghuni.

Manfaat

Karena ukurannya yang kompak, apartemen tipe studio biasanya disewakan atau dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan apartemen tipe lain yang berukuran lebih besar. Apartemen tipe studio juga lebih murah harganya jika dibandingkan dengan landed house, bahkan landed house dengan tipe yang paling kecil sekalipun. Karena harganya yang murah, apartemen tipe studio sangat cocok buat mahasiswa. Buat Sobat para mahasiswa, silahkan bandingkan antara harga sewa kost dan harga sewa apartemen tipe studio. Perhatikan faktor lokasinya, pilih hunian kost atau apartemen tipe studio yang memudahkan akses ke tempat kuliah Sobat.

Sumber: homedit.com
Sumber: homedit.com

Untuk Sobat yang sudah bekerja, Sobat juga bisa memanfaatkan apartemen tipe studio ini, Sobat bisa menyewanya untuk beberapa tahun sambil menabung dan membeli apartemen yg berukuran lebih besar atau membeli rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Sobat. Seperti yang diuraikan diawal artikel, tinggal di apartemen tipe studio juga memberi beberapa keuntungan.. Buat Sobat yang sibuk bekerja, Sobat tidak perlu terlalu repot mengurusi dan menata ruangan yang terlalu besar seperti apartemen tipe studio ini kan?