Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
2598-1039772-Hero-ArticleCara-Menghilangkan-Noda-Gosong-pada-Wajan-rev
Sumber : http://www.sunlight.co.id/

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang sedikit membutuhkan perawatan ekstra di setiap detailnya. Berbagai masalah pun sering timbul dan salah satu yang paling menjengkelkan adalah timbulnya bekas hangus atau gosong serta kerak di panci dan wajan  yang susah dihilangkan. Namun, kini sobat Rooang tak perlu khawatir karena dengan memanfaatkan benda-benda di bawah ini masalah di atas bisa diatasi!

Irisan jeruk lemon

Jeruk lemon memang sudah sering dikenal sebagai benda yang ampuh untuk digunakan sebagai pembersih noda membandel di peralatan dapur. Termasuk juga untuk menghilangkan si noda gosong dan kerak membandel di panci, sobat! Caranya gampang sekali! Sobat siapkan satu buah jeruk lemon lalu iris-iris masukkan ke dalam panci kemudian tambahkan air hangat secukupnya lalu diamkan. Setelah didiamkan beberapa menit, guncang-guncang panci yang gosong tersebut maka kerak-kerak gosong akan berjatuhan sedikit demi sedikit!

pic by : thehealthsite
pic by : thehealthsite

Cuka

Selain bisa digunakan sebagai pembersih jendela dapur, cuka juga masih memiliki segudang manfaat yang lain sobat! Di antaranya adalah bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gosong dan kerak di panci kesayangan milik sobat. Caranya pun sangat mudah sobat, tuangkan cuka di cangkir atau gelas secukupnya lalu tambahkan beberapa sendok makan baking soda yang disesuaikan dengan besaran noda gosong yang ada di panci. Kemudian aduk rata campuran cuka dan baking soda tersebut lalu taburkan di atas noda gosong dan gosok menggunakan spons bertekstur kasar.

Sumber : https://www.shoptrudeau.com/
Sumber : https://www.shoptrudeau.com/
Baking soda. Sumber : http://www.paleoplan.com/
Baking soda. Sumber : http://www.paleoplan.com/

Garam

Selain baking soda, ternyata garam juga bisa sobat Rooang gunakan untuk membersihkan noda gosong yang ada di panci. Caranya adalah tinggal mencampurkan beberapa sendok makan garam ke dalam gelas berisi cuka kemudian aduk rata lalu masukkan ke dalam panci dengan noda gosong. Lalu panaskan panci gosong tersebut dengan larutan garam-cuka hingga mendidih. Kemudian setelah air mendidih, matikan kompor kemudian tunggu hingga airnya dingin. Setelah dingin, cuci panci gosong tersebut dengan sabun cuci biasa sobat! Niscaya, noda gosong di panci akan lebih mudah terangkat dan panci sobat Rooang menjadi bersih dan kinclong!

Garam. Sumber : http://www.feelthelean.com/
Garam. Sumber : http://www.feelthelean.com/

2 COMMENTS