Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
7f615b0642b8392c75e4855ed3353472
Sumber: http://www.shabbychic.guru

Ada banyak cara mengecat pintu agar bagian rumah tersebut tampak semakin indah. Warna-warna solid hingga antik dapat Sobat terapkan sesuai selera. Sebab bagaimanapun juga, pintu adalah semacam inti dari desain ruang. Meski hanya berguna sebagai tempat keluar masuk, namun bagian ini menjadi titik utama ketika seseorang melihat sebuah bangunan. Rooang akan memberikan inspirasi mengecat pintu rumah, yang bisa Sobat terapkan sendiri pada pintu rumah Sobat. Simak yuk!

Motif garis dan simetris

Sumber: livinator.com
Sumber: livinator.com
Mengecat dengan motif garis adalah salah satu cara kreatif memfinish pintu tapi sangat mudah dilakukan. Kadang, Sobat tinggal mengikuti pola yang terbentuk pada permukaan pintu saja. Agar semakin menarik, pilihlah kombinasi warna yang cocok.

Motif non garis

Motif-motif seperti bunga dan konsep abstrak juga dapat Sobat jadikan pola pada pintu. Sobat dapat memanfaatkan media sebagai pembentuk atau langsung menggambar pada pintu itu sendiri.

Beda sisi beda warna

Buat kejutan warna dengan menggunakan cat beda warna pada sisi pintu yang berbeda. Misal, bagian dalam pintu berwarna kuning sedang bagian sisi lainnya berwarna ungu. Atau, bagian depan berwarna abu-abu sedangkan sisi sampingnya berwarna merah.

Warna solid

Sumber: st.hzcdn.com
Sumber: st.hzcdn.com

Meski biasa, warna-warna solid tetap bisa memberikan keindahan tersendiri pada pintu rumah Sobat. Jadi, tinggal Sobat yang pintar-pintar memilih warna solid yang tepat.

Warna natural

Sumber: lushome.com
Sumber: lushome.com

Kayu sendiri sudah indah, kenapa harus dicat? Pertanyaan ini wajar ditanyakan. Hanya saja, pengecatan bukan hanya berfungsi secara estetika. Mengecat pintu sama saja dengan melindungi substrat tersebut. Oleh karenanya, bagi Sobat yang ingin menikmati warna kayu alami sekaligus melindungi pintu, warna natural indah sangat pas jadi solusi.

Warna antik

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain solid dan natural, warna lain yang bisa Anda terapkan adalah warna solid seperti patina, rustic, dan washed. Warna ini akan memberikan kesan lawas, tua, dan antik yang sangat menawan.

Decoupage

Sumber: http://www.shabbychic.guru
Sumber: http://www.shabbychic.guru

Decoupage memang tak bisa serta merta disebut “pengecatan”. Hanya saja, kerajinan decoupage membutuhkan proses pelapisan yang melibatkan varnish atau clear coat. Di pintu pun teknik ini bisa diterapkan.

Warna metal

Sumber: http://www.shabbychic.guru
Sumber: Pinterest

Warna-warna metal seperti emas dan perak pun dapat Sobat manfaatkan untuk mengecat pintu. Hasilnya pintu terlihat makin indah dan mewah.

French polish

Sumber: http://www.csfrenchpolishers.co.uk
Sumber: http://www.csfrenchpolishers.co.uk

Sobat ingin mendapatkan pintu yang sangat berkilau seperti kaca? Maka yang Sobat butuhkan adalah finishing sejenis french polish. Cari saja bahan finishing clear coat yang memiliki tingkat kilau setinggi itu.

Pilih cat yang berkualitas

Sumber: mikatasa.com
Sumber: mikatasa.com

Dalam mengecat pintu rumah, tak perlu Sobat meluangkan banyak waktu hanya untuk mencari cat kayu atau cat yang sesuai dengan material pintu, karena menggunakan cat tembok yang memiliki kualitas mumpuni sudah cukup memberikan warna yang bagus dan awet pada pintu Sobat.

3 COMMENTS