Reading Time: 5 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
56-leonard-midsection

Tahukah Anda apa itu Jenga? Jenga merupakan sejenis permainan yang ditemukan di awal 1980-an oleh seorang wanita asal Inggris. Mainan ini kemudian dilisensi untuk dipasarkan di Amerika Serikat, yang kemudian membuka jalan untuk dikenal oleh semua orang di dunia. Jenga adalah permainan yang melatih fisik dan otak. Permainan ini terdiri atas 58 buah balok yang disusun menjadi menara dengan cara menumpuk balok-balok sampai 18 susun. Selanjutnya, peserta diwajibkan mengambil satu buah balok dari susunan tersebut tanpa membuatnya runtuh. Lawan main Anda akan melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya.

Sumber : http://physicsworld.com/
Sumber : http://physicsworld.com/

Permainan yang mengasah keterampilan otak dan ketelitian ini menginspirasi para arsitek dan perancang bangunan. Mereka merancang model gedung yang terlihat seperti susunan balok dan seolah ada balok yang hilang di beberapa titik. Gedung ataupun rumah yang terinspirasi dari Jenga memang memberikan warna baru, terutama pada bagian fasad yang langsung menarik perhatian orang. Meskipun sampai saat ini gedung Jenga masih sebatas ide dan rancangan, diperkirakan arsitektur Jenga akan menjadi tren di masa depan. Secara ilmiah, hampir semua rancangan gedung Jenga nyaris mustahil dibangun, karena struktur bangunan yang tidak memungkinkan. Namun demikian, beberapa desain mulai dipertimbangkan dan direncanakan akan dibangun beberapa tahun lagi.

56 Leonard, New York

Sumber : https://ny.curbed.com/
Sumber : https://ny.curbed.com/

Perancang bangunan, Herzog dan De Meuron, merancang sebuah hunian eksklusif yang rencananya akan dibangun di New York. Fasad bangunan ini mirip dengan permainan Jenga. Hunian tipe apartemen tersebut nantinya akan menjadi gedung pencakar langit ikon kota New York selain gedung Empire State. Dengan desain minimalis modern, diperkirakan biaya pembangunan gedung ini mencapai lebih dari 50 juta Dolar Amerika. Sampai saat ini, pihak pengembang dan kontraktor terus melakukan promosi. Melalui situs resminya, 56leonardtribeca.com, mereka juga memperlihatkan pemandangan cantik Kota New York yang akan didapatkan jika nantinya sudah menempati gedung ini. Anda berminat tinggal di sana?