Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
IMG_2821

Hampir setengah hari kita lalui untuk bekerja. Bagi orang-orang yang bekerja dalam ruangan (pekerja kantor), meja kerja sudah terasa bagaikan rumah kedua. Setidaknya ada 8 jam waktu yang dilewati di kantor. Selayaknya tempat yang digunakan setiap hari dan selama sekian tahun, meja kerja haruslah memberikan rasa nyaman dan membuat betah.

Di antara sekian tanggung jawab dan tugas dalam pekerjaan, meja kerja adalah zona pribadi kedua setelah rumah. Namun, sudahkah meja kerja sobat terasa seperti rumah kesayangan yang nyaman? Jika belum, maka trik-trik mendekorasi meja kerja yang satu ini wajib disimak ya!

Barang kesayangan/koleksi

Sumber : http://www.justlia.com.br/

Sumber : http://www.justlia.com.br/

Barang kesayangan atau salah satu koleksi terbaik merupakan benda yang mampu menghilangkan kejenuhan dalam beban pekerjaan. Ketika sobat melihat dan sesaat menyibukkan diri dengan barang-barang tersebut, mood yang kurang baik akibat kelelahan bekerja bisa sedikit teratasi. Oleh karenanya, meletakkan satu atau beberapa koleksi kesayangan akan meningkatkan semangat Anda dalam bekerja. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam memindahkan barang koleksi di meja kerja, ya!

Foto orang-orang tersayang

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Bagi orang yang sudah berkeluarga, rasa tanggung jawab sudah pasti akan menjadi lebih tinggi. Perasaan sayang pada keluarga tercintalah yang selalu memotivasi untuk berusaha lebih giat agar bisa memberikan yang terbaik. Susunlah foto-foto kenangan liburan bersama keluarga di beberapa pigura kecil di sudut meja kerja. Atau, bisa menempelkannya begitu saja di papan deadline.

Quotes

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Ketika sedang mengobrol atau curhat dengan teman dan keluarga, biasanya mereka akan memberikan beberapa kalimat yang bisa memotivasi serta menyadarkan bahwa apa yang sobat lakukan sekarang akan memberikan manfaat dalah kehidupan. Orang tua juga biasanya akan menasehati dengan kata-kata bijak penyemangat. Tulis atau ketik kalimat-kalimat tersebut dan tempelkan di papan sterofoam atau papan putih. Kata-kata penyemangat juga bisa sedikit dikreasikan agar bisa di-set sebagai wallpaper desktop PC di meja kerja atau sekedar ditempel di papan di dekat meja kerja!

Postit

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Selain berfungsi sebagai reminder tugas-tugas dan deadline, lembaran post it bisa memiliki sentuhan dekorasi yang memiliki banyak varian warna. Sobat bisa mengelompokkan berbagai klasifikasi tugas ke dalam warna-warna tertentu dan mengaturnya secara rapi berdampingan dengan foto orang terkasih.

Papan

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Papan berfungsi untuk menempelkan post-it dan foto, serta membuat catatan. Ada dua pilihan papan yang bisa digunakan di meja kerja, yakni papan sterofoam dan papan putih. Papan sterofoam bisa diperindah dengan wallpaper agar tidak terlihat monoton. Pilih warna post-it yang selaras dan kontras dengan pilihan wallpaper tersebut. Wallpaper juga bisa digunakan untuk dekorasi penyekat antara meja kerja sobat dengan meja kerja lain. Papan putih berguna untuk membuat catatan langsung tanpa menggunakan post-it. Untuk mendekorasi tampilannya, gunakan spidol dengan berbagai warna saat menulis.

Tanaman pot mini

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Tanaman biasanya menjadi bagian yang mampu memberikan efek segar pada pikiran. Sehingga meletakkan sebuah pot mini berisi tanaman hijau tanpa bunga akan memberikan kesan seolah-olah membawa ‘halaman rumah’ ke ruang kerja. Hal tersebut bisa sobat Rooang lakukan berdasarkan sebuah penelitian yaitu, meletakkan tanaman di meja kerja bisa meningkatkan mood dan produktivitas kerja. Berminat mencobanya?

Kerapian dan kebersihan

Sumber : Pinterest

Sumber : Pinterest

Kunci kenyamanan suatu ruang adalah kerapian dan kebersihan. Letakkan berbagai benda dekoratif secara teratur dan jangan sampai mengganggu aktivitas kerja.Letakkan tempat sampah sendiri di dekat meja kerja, sehingga meja tersebut selalu bersih dari sampah. Atur pula ritme kerja sesuai prioritas dan deadline, lalu letakkan barang-barang yang sedang tidak dipakai dalam rak, ambalan atau laci. Buatlah meja kerja sebersih dan serapi mungkin. Seperti yang dikatakan oleh mendiang Ludwig Mies, less is more. Terkadang, semakin sedikit barang yang diletakkan di meja kerja, maka akan semakin baik dan terlihat rapi!

Warna

Sumber : Pinterest
Sumber : Pinterest

Menurut sejumlah sumber, warna terang dan lembut akan membuat seseorang lebih rileks daripada warna tegas. Namun seiring berjalannya waktu desain meja kerja dengan nuansa scandinavian yang kental dengan nuansa hitam-putih lebih diminati! Dan untuk menghindari kesan monoton, letakkan aksen warna dengan memilih peralatan alat tulis yang berwarna cerah misalnya kuning atau merah! Menambahkan tanaman atau bunga bisa juga dilakukan untuk memberikan nuansa ‘warna’ pada meja kerja, sobat!