Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
salt-791655_1920
Sumber: pixabay.com

Membersihkan rumah beserta furniture dan perabotan-perabotan lainnya bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun, sering kali Sobat dibuat jengkel oleh kotoran-kotoran yang kerap menempel pada perabotan rumah tangga, furniture, meja, kursi, alat-alat masak, dan sebagainya. Kotoran maupun kerak tersebut terkadang sulit sekali dibersihkan meskipun Sobat telah menggunakan sabun.

Hal ini disebabkan karena kotoran tersebut telah dibiarkan cukup lama menempel pada peralatan-peralatan Sobat dan mengeras menjadi kerak. Hal ini tentu sangat mengganggu. Selain dapat membuat perabotan rumah tangga terlihat kusam dan tidak menarik, peralatan yang kotor juga akan membuat Sobat tidak nyaman memakainya.

Bila Sobat kesulitan mencari sabun yang efektif untuk membersihkan plak, noda, maupun kotoran-kotoran tersebut, ada baiknya Sobat beralih menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekeliling kita. Bahan-bahan ini sangat dekat dengan kehidupan kita dan sering kita pakai sehari-hari, namun mungkin Sobat belum menyadari manfaatnya.

Bahan-bahan apakah itu? Berikut akan kita bahas bahan-bahan apa saja yang baik untuk membersihkan perabotan rumah tangga.

Cuka

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Cuka adalah bahan alami yang mengandung asam dan telah terbukti ampuh membunuh 98% bakteri pada permukaan. Oleh karena itu, cuka adalah desinfektan yang baik untuk membersihkan permukaan yang sering terpapar udara bebas, seperti furniture yang ada di dapur, furniture tempat tidur, maupun meja dan sofa di ruang tamu. Benda-benda seperti meja, kursi, telephone, dan lain-lain meskipun terlihat bersih, namun bila dilihat dengan mikroskop, benda-benda tersebut tidaklah terbebas dari kuman dan bakteri.

Untuk itu, menggunakan cuka untuk membersihkan permukaan tersebut sangat dianjurkan. Cuka juga dapat dicampur dengan bahan pembersih lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membunuh bakteri di permukaan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Sobat bisa memanaskan cuka terlebih dahulu di microwave karena cuka yang panas lebih mampu membunuh bakteri dengan baik.

Soda kue

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa baking soda atau soda kue terbukti ampuh menyerap bau. Namun, belum banyak yang tahu bahwa soda kue juga mampu mengangkat kotoran, kerak, dan plak pada peralatan dapur. Untuk membersihkan kerak dan kotoran tersebut, cukup tambahkan air hangat pada soda kue dan oleskan pada kotoran-kotoran yang membandel. Reaksi antara soda kue dan air hangat dapat mengangkat kotoran dengan optimal.

Selain itu, jika Sobat tidak sengaja memasak hingga gosong dan sisa makanan menempel di panci, Sobat bisa menambahkan satu sendok teh soda kue degan sedikit air panas, lalu panaskan kembali panci tersebut. Sobat akan melihat sisa kerak makanan yang menempel di panci akan terkelupas sedikit demi sedikit.

Garam

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Garam juga merupakan pembersih kotoran yang baik karena kemampuannya untuk mengelupas kotoran dan noda yang menempel pada peralatan masak. Selain itu, garam membuat air membersihkan lebih ampuh dari biasanya. Kandungan garam dalam air bisa menghilangkan atau melarutkan kotoran lebih efektif daripada air yang tidak mengandung garam sama sekali.

Untuk itu, Sobat dapat menggunakan air laut untuk membersihkan beberapa peralatan yang kotor, namun jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air biasa.