Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Aplikasikan-cara-ampuh-mencegah-jamur-pada-lemari-kayu
Sumber: antijamur.net

Saat musim penghujan seperti saat ini yang ditambah dengan banyak banjir dimana-mana, maka furnitur berjamur adalah salah satu kendala yang seringkali dialami oleh setiap pemilik rumah. Dan jika sudah demikian mau tidak mau furniture harus segera Sobat bersihkan agar pertumbuhan jamur tidak semakin pesat dan merusak segala macam perabotan yang Sobat miliki.

Namun jangan khawatir, mudah sekali untuk membersihkan furniture dari perabotan Sobat. Sobat juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk merawat furniture, bahkan saat hujan seperti sekarang ini.

Kenali jamur pada furniture

Sebelum mulai melakukan upaya untuk membersihkan jamur yang membandel pada perabotan Sobat, pastikan terlebih dahulu mengetahui mana furniture yang berjamur. Perabot yang berjamur biasanya akan ditandai dengan bercak yang putih bagaikan bedak pada beberapa bagian atau pada bagian yang merata. Jamur yang menyerang perabot kayu biasanya terdiri dari jamur pada bagian permukaan dan juga jamur yang tumbuh pada serat kayu. Keduanya disebabkan oleh udara yang lembab. Sebelum jamur semakin meluas segera atasi dan bersihkan perabotan yang Sobat miliki.

Membersihkan perabot yang berjamur

Lalu bagaimana caranya untuk membersihkan furnitur berjamur yang ada di rumah Sobat? Mudah sekali untuk membersihkan jamur yang menghuni perabotan kayu yang Sobat miliki. Sediakan alkohol yang memiliki kadar 70-80 persen. Kemudian ambil selembar kain kering. Gunakan kain tersebut untuk mengelap perabot yang berjamur setelah Sobat mencelupkannya dengan alkohol yang Sobat miliki. Cara ini terbukti efektif untuk membasmi jamur yang tidak seberapa meluas perkembangannya.

Sumber: bersihpedia.com
Sumber: bersihpedia.com

Jika jamur sudah berkembang sangat luas dan menyebar maka Sobat sebaiknya mengelap furnitur yang berjamur dengan lap yang sudah dibasahi air. Setelahnya lap perabot tersebut dnegan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol. Dengan cara ini perabotan akan jadi terbebas dari jamur dan perkembangan jamur pada perabotan Sobat akan bisa terhenti sama sekali.

Mencegah perabotan terkena jamur

Sebelum perabotan Sobat berjamur sebaiknya Sobat selalu membersihkan perabot kayu yang Sobat miliki. Perawatan dapat Sobat lakukan dengan mempergunakan alat penyerap bau dan juga penyerap kelembaban. Alat tersebut dapat Sobat temukan dengan mudah dengan membelinya di pasaran. Berikutnya gunakan pula lampu LED atau lampu TL untuk menjaga perabot Sobat tetap kering dan mencegah pertumbuhan jamur pada ruangan yang lembab. Ketika musim panas telah tiba jangan lupa untuk selalu menjemur perabotan Sobat secara berkala agar furnitur berjamur dapat dicegah.

Menjaga ruangan tempat furnitur Sobat diletakkan agar tetap kering dan tidak lembab juga merupakan cara efektif untuk menghindari jamur yang mungkin menyerang perabotan Sobat. Upayakan untuk selalu membiarkan cahaya matahari masuk ke ruangan Sobat dan jangan menempelkan perabot kayu langsung ke dinding yang lembab agar tidak menjadi penyebab pertumbuhan jamur.

1 COMMENT