Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
cff6fc083deccf0e230a31e56715ae23
Sumber: Pinterest

Pencahayaan merupakan bagian vital pada sebuah rumah. Bayangkan sebuah rumah tanpa pencahayaan yang cukup, tentu kesan suram akan melingkupi rumah tersebut. Pencahayaan dapat diperoleh dari mana saja, entah itu dari pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari atau pencahayaan buatan.

Di siang hari, kita dapat memaksimalkan pencahayaan pada rumah dengan menerapkan seluas mungkin bukaan agar semakin banyak cahaya alami dari sinar matahari yang masuk ke ruangan. Namun, bila di malam hari, tentu pilihan pencahayaan kita jatuh pada pencahaayaan buatan atau lampu.

[Baca juga: Membuat Rumah Terang Benderang dengan Skylight ]

Kini, lampu selain berfungsi sebagai sumber cahaya buatan, material ini juga dapat digunakan sebagai media seni dekoratif pada sebuah ruangan. Seiring dengan meningkatnya keinginan untuk mendekorasi ruangan melalui pemilihan lampu yang unik, maka kini kita dengan mudah menemukan berbagai macam tipe lampu yang dijual di pasaran.

Selain melihat fungsi dan desain suatu lampu, pemilihan tipe lampu tertentu harus mempertimbangkan ruangan dimana lampu tersebut akan ditempatkan. Untuk itu, sebelum memilih tipe lampu yang tepat untuk ruangan Sobat, berikut ini beberapa jenis lampu serta ruangan yang sesuai untuk lampu tersebut.

1. Lampu putih untuk segala jenis ruangan

Sumber: trendir.com
Sumber: trendir.com

Lampu sederhana berwarna putih adalah jenis lampu yang sering digunakan untuk pencahayaan ruangan. Lampu jenis ini sangat netral untuk ditempatkan di rumah atau bangunan tipe apapun dan di ruangan manapun. Selain itu, lampu berwarna putih akan terlihat cocok dipadu-padankan dengan desain interior model apa saja. Pencahayaan berwarna putih dapat mencerahkan suasana ruangan, mengimbangi unsur gelap dari material kayu, serta memunculkan warna pada dinding yang berwarna-warni agar tampak lebih hidup.

2. Gabungan antara lampu dan seni ukir, cocok untuk kamar dan ruang tamu

Sumber: http://www.furnitureconnectionnm.com
Sumber: http://www.furnitureconnectionnm.com

Tren pencahayaan yang digabungkan dengan seni ukiran atau pahatan pada kap lampunya ini merupakan tren terbaru yang kini banyak digunakan di rumah-rumah modern. Desain pencahayaan ini mampu menciptakan focal point yang mengundang perhatian orang. Lampu jenis ini selain berfungsi untuk menyediakan pencahayaan bagi seluruh ruangan, juga berfungsi sebagai seni pajangan karena keindahan pahatan atau ukirannya.

3. Lampu dengan kombinasi bahan untuk ruangan berkonsep jaman dulu

Sumber: homedit.com
Sumber: homedit.com

Lampu yang menggabungkan beberapa elemen seperti besi dan kayu juga merupakan tren desain lampu yang tengah dilirik oleh masyarakat yang menginginkan sentuhan berbeda pada ruangannya. Lampu atau pencahayaan jenis ini menggabungkan dua konsep berbeda yang direpresentasikan melalui pemilihan bahan untuk membuat lampu itu.

Perpaduan bahan antara unsur kristal, besi, dan kayu, yang dibalut dalam warna-warna natural mampu mencipatakan seni dan terobosan pada pencahayaan di rumah Sobat. Penggunaan pencahayaan jenis ini cocok untuk interior ruangan dengan konsep old/klasik atau jaman dulu.

4. Lampu gantung kristal untuk ruang tamu dengan gaya Eropa klasik

Sumber: antonovich-design.ae
Sumber: antonovich-design.ae

Lampu kristal sudah menjadi salah satu lampu favorit sejak dulu yang kerap dihadirkan di rumah-rumah terutama pada bagian ruang tamu. Kristal yang ada pada permukaan lampu dapat membuat cahaya yang dihasilkan menjadi kemilauan akibat pantulan dari permukaan kristal. Hal ini tentu dapat menciptakan kesan mewah dan glamour pada suatu ruangan.