Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
kamar-mandi-2

Memang tidak harus pada saat lebaran saja kamar mandi perlu dibersihkan. Area kamar mandi ini harus terjaga dari berbagai kuman dan bau setiap hari, agar penghuni merasa nyaman.  Yuk, cari tahu caranya berikut ini.

Perlengkapan yang diperlukan:

  • Sikat kamar mandi
  • Batu apung
  • Lap microfiber
  • Gayung
  • Cuka
  • Baking soda
  • Air hangat

Langkah-langkah:

Singkirkan barang-barang dan sampah di kamar mandi

Sumber : Tokopedia
Sumber : Tokopedia

Buang semua barang tak terpakai seperti botol shampoo dan sabun, serta sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi. Jangan sisakan handuk, sabun, odol, sampoo, lulur, dan perlengkapan mandi lainnya.

Siapkan larutan cuka dan baking soda

Sumber : https://www.belifurniture.com/
Sumber : https://www.belifurniture.com/

Cuka dan baking soda merupakan pembersih alami ramah lingkungan untuk kamar mandi Anda. Kedua bahan yang biasa ada di dapur ini mengandung zat asam yang ampuh mengusir noda di kamar mandi. Larutkan setengah gelas baking soda dengan seember kecil air hangat. Untuk noda yang susah dibersihkan, larutkan setengah gelas baking soda dengan satu gelas cuka. Agar larutan cuka dan baking soda bisa menyebar saat dituangkan, basahi dulu semua permukaan dengan air bersih.

Tuang larutan cuka ke kloset dan tepi lantai yang paling kotor

Sumber : https://wolipop.detik.com/
Sumber : https://wolipop.detik.com/

Anda tidak akan membersihkan bagian yang paling kotor lebih dulu. Jadi, biarkan larutan yang sudah dituangkan selama beberapa menit, sambil Anda membersihkan bagian lainnya. Sisakan sedikit larutan tersebut.

Bersihkan kaca

Sumber : http://www.thekitchn.com/
Sumber : http://www.thekitchn.com/

Semprotkan larutan ke kaca, lalu lap dengan lap microfiber sampai noda bekas percikan air benar-benar hilang.

Bersihkan bak mandi dan wastafel

Sumber : http://lifestyle.liputan6.com/
Sumber : http://lifestyle.liputan6.com/

Tuang larutan baking soda ke permukaan bak mandi dan wastafel. Sikat dengan sikat kamar mandi sampai bersih. Jika Anda noda yang sulit dibersihkan, tuangkan sedikit larutan baking soda dengan cuka, lalu gosok kembali.

Sikat kloset dan lantai

Sumber : https://wolipop.detik.com/
Sumber : https://wolipop.detik.com/

Gunakan sikat yang tepat untuk membersihkan lantai dan kloset, sehingga Anda bisa bersih-bersih dengan nyaman. Untuk bagian paling kotor, gosoklah dengan  batu apung. Gosok sampai noda terlepas dari lantai dan kloset.

Bersihkan dinding kamar mandi

Sumber : http://pantesgallery.com/
Sumber : http://pantesgallery.com/

Dinding kamar mandi yang sering terkena cipratan air sabun, shampoo juga penting untuk sobat Rooang bersihkan lho! Siram dengan cairan pembersih lalu gosok bekas air sabun dan shampoo yang berbekas di dinding kemudian siram dengan air bersih.

Bersihkan shower

Sumber : http://www.rumah.com/
Sumber : http://www.rumah.com/

Gunakan lap microfiber untuk membersihkan gagang shower, lalu bersihkan bagian kepala shower dengan bekas dikat gigi. Bersihkan juga bagian selang atau bagian leher shower ya, sobat!

Siram dengan air bersih
Setelah semua bagian di atas dibersihkan, jangan sampai lupa untuk menyiram semua bagian yang telah dibersihkan dengan air bersih. Jika perlu sikat kembali untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan larutan yang tersisa di permukaan. Lalu, siram lagi dengan air bersih.

Selamat mencoba!