Reading Time: 4 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
156781841-56a49ee93df78cf772834d6d

Apa yang Sobat ketahui tentang pintu kayu? Bukankah pintu kayu hanyalah pintu kayu biasa yang tidak memiliki jenis dan perbedaan antara satu dan lainnya? Sebenarnya pintu kayu dibagi menjadi dua jenis konstruksi utama, yaitu solid dan solid engineering. Memang secara tampilan tidak ada perbedaaan yang terlalu signifikan, karena secara tampilan permukaannya rata-rata hampir sama dan identik, tetapi sebenarnya konstruksi tersebut akan sangat berpengaruh kepada kegunaan pintu kayu tersebut. Yuk kita simak bersama-sama perbedaan dari dua konstruksi pintu berikut ini.

Struktur konstruksi

Pintu solid biasanya memiliki konstruksi beberapa potong kayu utuh yang telah diproses dan disambung menggunakan lem/dowell (dowell itu berbentuk seperti kapsul besar panjang yang digunakan untuk menyambung antara satu bagian ke bagian lainnya). Konstruksi seperti ini tergolong lebih stabil daripada menggunakan konstruksi yang notabenenya lebih ekonomis (hollow/foam core).

Sistem penyambungan pintu kayu solid dengan dowel. Sumber: http://www.craftsmanspace.com
Sistem penyambungan pintu kayu solid dengan dowel. Sumber: http://www.craftsmanspace.com

Sedangkan untuk solid engineering, konstruksi ini memiliki kesan lebih modern apabila dibandingkan dengan konstruksi solid, karena menggunakan beberapa lapis potongan kayu yang telah diproses, kemudian di press dan dilem berlawanan arah tiap lapis sehingga menjadi satu kesatuan, kemudian dipasang lapisan veneer (potongan lembaran kayu yang sangat tipis, biasanya antara 0.4mm – 3mm) atau HPL/PVC sheet dan lipping sebagai pinggiran kerangka pintu (lipping merupakan potongan kayu utuh/sambungan yang digunakan untuk kerangka pintu engineering, biasanya ukuran lipping mulai dari 10mm-30mm). Pintu dengan konstruksi ini memiliki harga yang lebih ekonomis dari pada pintu solid, dikarenakan kayu yang digunakan untuk pintu solid engineering merupakan potongan-potongan kayu kecil dan menggunakan jenis kayu yang berbeda sebagai core-nya.

Veneer yang dipasang pada pintu kayu solid engineering. Sumber: alibaba.com
Veneer yang dipasang pada pintu kayu solid engineering. Sumber: alibaba.com

Agar tidak terlalu bingung akan Rooang memberikan contoh semisal untuk pintukayu solid engineering jati, komponen kayu yang benar-benar jati hanya terletak pada bagian lipping dan veneer, untuk core pintu itu sendiri menggunakan material kayu lain (biasanya kayu sengon atau disebut dengan albasia), jadi secara tampilan pintu tersebut merupakan pintu kayu jati, tetapi secara detail konstruksi tidak terbuat dari 100% kayu jati.

Kayu solid engineering tampak memiliki permukaan berlapis, sedangkan kayu solid tampil dengan satu kesatuan kayu. Sumber: wixstatic.com
Kayu solid engineering tampak memiliki permukaan berlapis, sedangkan kayu solid tampil dengan satu kesatuan kayu. Sumber: wixstatic.com

Performa

Secara performa dan durabilitas, jelas pintu solid memiliki konstruksi yang lebih kokoh apabila dibandingkan dengan pintu solid engineering, akan tetapi pintu solid juga tidak terluput dari beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah terhadap perubahan cuaca dan sifat alami kayu yang memuai dan menyusut (meskipun kayu tersebut telah diproses dan di-treatment, muai susut kayu tetap terjadi secara alami dan dapat menyebabkan bending).

Sumber: thespruce.com
Sumber: thespruce.com

Sedangkan untuk konstruksi solid engineering, meskipun secara durabilitas tidak sekuat apabila dibandingkan konstruksi solid, tetapi memiliki tingkat kestabilan yang lebih tinggi terhadap perubahan cuaca dan bending (karena susunan konstruksi core solid engineering terdiri dari beberapa lapisan potongan kayu yang disusun saling berlawanan arah, sehingga sifat alami kayu yang memuai dan menyusut dapat dihindari karena potongan kayu tersebut akan saling tarik menarik). Selain itu, konstruksi solid engineering juga memiliki insulasi suhu yang lebih baik daripada konstruksi pintu solid. Sementara harga tetap menjadi salah satu pertimbangan yang perlu diperhitungkan juga, karena pintu solid memiliki harga yang lebih premium daripada pintu solid engineering.

Tips memilih jenis pintu kayu yang sesuai

Lalu bagaimana agar Sobat tidak salah dalam memilih jenis pintu kayu yang sesuai dengan anggaran serta terbaik untuk rumah? Pintu solid cenderung digunakan sebagai pintu utama/pintu eksterior, sedangkan pintu solid engineering cenderung digunakan untuk pintu interior. Mengapa demikian? Karena secara konstruksi tetap lebih kokoh pintu solid daripada pintu solid engineering, dan banyak konstruksi pintu solid engineering yang menggunakan material seperti MDF (medium density fibreboard) atau particle board untuk frame. Kedua bahan tersebut sangat tidak tahan dengan air (particle board apabila terkena air, lama kelamaan bisa hancur seperti bubur). Oleh karena itulah alasan mengapa pintu solid masih popular di kalangan masyarakat.

Pintu Daiken, pintu kayu berjenis solid engineering terbaik

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

PT Sumber Setia Abadi memiliki product pintu solid engineering yang bermerk “Daiken”. Pintu Daiken memiliki perbedaan yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan merk lain, dikarenakan material konstruksi kerangkanya menggunakan LVL (laminated veneer lumber) meranti yang lebih kokoh daripada menggunakan potongan kayu biasa.

Berbagai desain pintu Daiken yang bisa dipilih. Sumber: sumbersetia.com
Berbagai desain pintu Daiken yang bisa dipilih. Sumber: sumbersetia.com

Untuk finishing-nya Daiken menggunakan PVC sheet, dimana memiliki tampilan seperti HPL, tetapi lebih kuat dan elastis apabila dibandingkan dengan HPL. Daiken juga memiliki ISO 9001/ ISO 14001 dan green label certificate dari Singapore.

4 COMMENTS