Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jual-engsel-pintu
Sumber: http://masterlockmart.com

Kegiatan yang tak mungkin kita lewati sehari-hari adalah membuka dan menutup pintu. Meski memiliki bentuk yang kecil, engsel adalah salah satu benda yang paling penting agar pintu dan jendela dapat berfungsi dengan baik. Engsel biasanya terbuat dari besi, kuningan plastik hingga logam campuran dengan bentuk engsel yang beragam.

Selain pintu ada banyak lagi barang yang menggunakan engsel seperti jendela dan lemari. Engsel dibutuhkan untuk membuat system buka tutup yang lebih mudah. Ada banyak sekali jenis-jenis engsel dan sistem penggunaan engsel. Dengan engsel, membuka-tutup suatu furnitur akan jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak energi.

Engsel terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing jenis memiliki fungsi tersendiri terhadap sistem penggunaannya. Mari simak jenis-jenis engsel tersebut.

Engsel Kupu-Kupu

Sumber: http://www.panatek.co.id
Sumber: http://www.panatek.co.id

Diberi nama seperti itu karena engsel ini cenderung sangat tipis dan memiliki bentuk seperti kupu-kupu. Biasanya engsel kupu-kupu terbuat dari logam besi maupun kuningan dan digunakan untuk menopang beban lemari berukuran sedang yang terbuat dari bahan yang ringan. Engsel kupu-kupu sangat ringan dan tidak terlalu besar. Biasanya engsel ini digunakan pada pintu lemari atau semacamnya.

Engsel jenis ini memiliki berbagai macam ukuran. Ukuran tersebut dimulai dari ukuran 13 sampai 150 milimeter. Butt engsel banyak digunakan untuk memasang pintu pada cabinet. Salah satu keuntungan menggunakan engsel jenis ini adalah kekuatannya yang bisa menahan beban dan keawetannya karena tidak mudah rusak. Namun, engsel ini juga memiliki kelemahan yaitu jika terjadi kesalahan pada pemasangan, maka engsel ini harus dibongkar untuk diperbaiki. Pengukuran yang cermat dan teliti harus dilakukan jika hendak memasang engsel ini.

Flush Engsel

Sumber: http://www.rumahku.com/
Sumber: http://www.rumahku.com/

Flush engsel adalah jenis engsel berikutnya. Engsel ini tidak memerlukan coakan jika hendak dipasang. Engsel lainnya menggunakan coakan pada tempat pemasangan. Karena tidak menggunakan coakan, maka engsel ini hanya digunakan untuk memasang benda-benda yang memiliki ukuran kecil. Contoh dari benda yang menggunakan flush engsel adalah jendela kecil, kotak perhiasan, kotak penyimpanan kecil, dan lainnya. Daya tahan engsel ini tidak terlalu kuat. Jenis-jenis engsel yang beragam membantu Sobat memilih engsel yang Sobat butuhkan.

Engsel Barrel

Sumber: http://www.rumahku.com/
Sumber: http://www.rumahku.com/

Engsel barrel adalah engsel yang terdiri dari engsel jantan dan betina. Engsel ini memiliki sistem pemasangan yang sama dengan mur dan baut. Salah satu engsel dipasang pada bagian lain suatu benda dan engsel lainnya dipasang pada bagian lain pasangan benda tersebut kemudian disatukan. Engsel barrel ini memiliki kelebihan karena bisa dilepaskan dengan mudah. Contoh perabot yang menggunakan engsel jenis ini adalah pintu yang berukuran besar.

Engsel Koboi

Sumber: http://www.rumahku.com/
Sumber: http://www.rumahku.com/

Fungsi engsel koboi adalah untuk membuat pintu berayun ke dua arah. Biasanya pintu yang menggunakan engsel koboi ini bisa ditemui di berbagai restoran maupun kafe sehingga memudahkan pelayan maupun pengunjung saat lewat. Engsel ini menggunakan tekanan per di dalamnya sehingga pintu dapat berayun tanpa harus ditakik.