Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Raised-Floor-14
Sumber: sumbersetia.com

Sobat tentu sudah tahu tentang penggunaan material raised floor untuk kebutuhan data center/gedung perkantoran. Akan tetapi, raised floor ternyata juga dapat didesain untuk digunakan sebagai salah satu komponen desain tempat tinggal (residential/apartment), dengan sedikit sentuhan kreativitas seorang arsitek. Berikut ini beberapa contoh penggunaan raised floor untuk tempat tinggal.

Kesan pantai pada lantai rumah

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Dengan menggunakan kaca sebagai permukaan raised floor, desain seperti di atas dapat diwujudkan dengan mudah. Selain kesan pantai, kesan pegunungan/taman bisa juga diaplikasikan dengan mengganti dengan tanah yang dipenuhi oleh tumbuhan imitasi.

Tempat persembunyian barang rahasia

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Hidden compartment (tempat persembunyian barang rahasia) bisa membuat ruang tamu Sobat menjadi unik dan menarik. Orang yang berkunjung ke tempat Sobat tidak akan menyangka dan akan membuat mereka terpana apabila Sobat menunjukkan tempat penyimpanan rahasia ini kepada tamu Sobat.

Pembatas ruang dengan kesan ‘tenggelam’

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Ketika ruang tamu biasa sudah terlalu umum dan membosankan, alternatif desain di atas bisa dijadikan sebagai salah satu inspirasi untuk membuat ruang tamu Sobat berbeda dari yang lain. Area lain yang menggunakan raised floor dilapisi oleh vinyl/parquet, sedangkan area ruang tamunya sendiri tidak menggunakan raised floor, sehingga mendapatkan kesan ‘tenggelam’.

Tempat tidur yang menjadi tempat bermain anak

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Arsitek yang membuat ruangan di atas sangat memperhatikan pemanfaatan lahan ruangan yang terbatas, supaya satu ruangan bisa difungsikan menjadi dua ruang sekaligus. Penggunaan raised floor merupakan jawaban, tinggal dilengkapi dengan murphy bed (ranjang yang bisa dilipat masuk ke dalam dinding) atau futon (ranjang tradisional Jepang yang digelar di lantai dan disimpan di dalam lemari), si kecil bisa mendapatkan ruangan bermain di siang hari, dan ruangan tidur di malam hari. Sangat kreatif ya!

Penyimpanan bahan dapur

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Rasanya tidak lengkap apabila bagian dapur tidak didesain unik dengan raised floor ini. Penggunaan raised floor di dapur selain dimanfaatkan sebagai jalur pipa, bisa juga dimanfaatkan seperti gambar di atas, sebagai small wine cellar dan emergency food supply. Bayangkan betapa terkagumnya tamu Sobat ketika Sobat menawarkan wine, Sobat membuka ruang persembunyian rahasiatersebut.

Desain ala Jepang

Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com
Sumber: sumbersetia.com

Dengan sedikit penyesuaian dan kreativitas, maka raised floor pun dapat dibuat seperti gambar di atas, menggunakan konsep desain ruang tamu jepang yang berbalut dengan tatami dan finishing kayu cedar, membuat kesan ruangan menjadi lebih berwarna dan keren.

Untuk yang lebih ekstrim lagi, Sobat dapat membuat trap door (pintu rahasia), dimana menggunakan raised floor dengan ketinggian kaki minimal 2 meter, maka Sobat bisa menciptakan basement pribadi di rumah.

Itulah beberapa ide menerapkan raised floor ke dalam hunian pribadi. Untuk Sobat yang tertarik memasang raised floor, PT Sumber Setia Abadi telah berpengalaman lebih dari 20 tahun untuk pemasangan raised floor di tanah air. Produk raised floor milik PT Sumber Setia Abadi adalah “Toratek”.

2 COMMENTS