Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
wood-panelled-bedroom-ipc169
Sumber: www.alhabibpaneldoors.com

Banyak pemiliki rumah yang pada kondisi tertentu salah satu ruangannya tidak memiliki jendela. Hal ini sangat sering terjadi ketika rumah dibangun di area yang sempit di perkotaan yang sudah padat penduduk. Setiap rumah dibangun dan hampir tidak memiliki space untuk sirkulasi udara, yaitu jendela samping. Karena tanah sebelah rumah sudah dibandung dinding rumah tetangga.

Namun, Sobat tidak perlu khawatir. Ada solusi kamar tanpa jendela. Solusi ini Sobat bisa terapkan agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk ditempati.

1. Membuat Ruang Pencahayaan dari Atap

Sumber: http://www.mainelyvinyl.com
Sumber: http://www.mainelyvinyl.com

Ini salah satu cara yang efektif agar cahaya tetap masuk ke rungan yang tidak memiliki jendela. Dengan membuat space tertentu di salah satu bagian kamar di mana atap terbuat dari kaca. Dengan demikian, cahaya akan menyinari ruangan tanpa jendela tersebut.

Space yang ada di bawahnya bisa Sobat gunakan sebagai taman kering di dalam rumah. Jadi, ada dua fungsi; untuk pencahayaan dan untuk mempercantik ruangan. Sobat harus hati-hati dalam menerapkan tips yang satu ini. Karena atap rawan bocor jika tidak dibuat dengan hati-hati. Sobat sebaiknya menyerahkan pemasangan atap kaca ini kepada orang yang sudah professional.

2. Memasang Kaca

Sumber: http://www.digsdigs.com
Sumber: http://www.digsdigs.com

Ini merupakan tips kuno yang sepertinya masih relevan untuk digunakan. Memasang kaca di salah satu sisi ruangan akan membuat efek luas pada ruangan tersebut. Apalagi Sobat sudah memilih furniture yang tepat. Maka furniture tersebut akan direflekasikan dan orang yang masuk ke ruangan tersebut merasa ruangan sangat luas.

Dalam hal ini, penempatan kaca harus benar-benar diperhatikan. Salah dalam penempatan kaca tidak akan bisa menciptakan efek luas pada ruangan. Salah satu lokasi yang tepat untuk menaruh kaca untuk menciptakan nuansa luas pada ruangan adalah lokasi yang menghadap ke pintu. Sobat bisa pilih kaca kantung dengan ukuran hampir sama dengan pintu masuk.

Selain itu, Sobat juga bisa tempatkan kaca besar di salah satu dinding ruangan. Sementara itu, furniture berada di sisi ruangan yang berbeda. Dengan cara ini, furniture akan dipantulkan dan orang akan merasa ruangan tersebut sangat luas.

3. Pemilihan Lampu

Sumber: curbly.com
Sumber: curbly.com

Untuk yang satu ini, Sobat tidak boleh anggap sepele. Salah satu tips dekorasi kamar tanpa jendela yang harus Sobat terapkan adalah memilih lampu yang tepat. Karena tidak ada jendela, tentu Sobat membutuhkan pencahayaan. Lampu yang terlalu terang ataupun terlalu redup akan membuat Sobat tidak nyaman. Solusinya adalah memasang skylight pada plafon. Skylight ini akan menghilangkan kesan pengap pada ruangan.

Dalam hal ini, ada beberapa pilihan warna skylight. Usahakan Sobat memilih warna yang terang. Lampu warna terang tidak harus putih. Sobat bisa memilih lampu warna soft yellow untuk memberikan kesan tenang dan kalem dalam ruangan.

Itulah beberapa cara untuk menyiasati ruangan tanpa jendela. Agar semuanya benar-benar sempurna, Sobat juga perlu mempertimbangkan untuk menata ulang dekorasi kamar tanpa jendela tersebut.