Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
kost-eksklusif
Sumber: http://www.informasikost.com

Bisnis tempat kost merupakan bisnis yang dapat menjadi investasi dalam waktu yang panjang serta memberikan keuntungan yang cukup lumayan. Desain tempat kost yang dibangun di atas tanah akan dihargai semakin mahal karena adanya kenaikan dari harga tanah. Dengan memiliki tempat kost, Sobat juga akan mendapatkan pemasukan secara rutin.

Membuat desain kamar kost dapat ditempuh dengan membuat desain yang baik dari bagian-bagian bangunan kamar kost sebagai berikut:

1. Kamar tidur

tips rumah kost

Buat desain kamar tidur yang memiliki sirkulasi udara serta cahaya yang baik. Kamar tidur yang nyaman akan membuat penghuninya menjadi betah untuk tinggal di dalamnya. Ukuran minimal kamar tidur yang standar dapat dibuat dengan ukuran 2,5 m x 3 m. Perabotan yang digunakan biasanya adalah 1 tempat tidur single, meja belajar serta lemari pakaian.

Hitung dengan seksama berapa kamar tidur yang dapat dibuat dalam bangunan yang akan Sobat buat dengan lahan yang tersedia. Pikirkan kenyamanan dari calon penghuni jangan hanya mengejar efektifitas lahan, karena kamar yang tidak nyaman dihuni tentunya tidak membuat penghuni merasa betah.

Fasilitas dari kamar tidur dapat Sobat tambahkan untuk membuat tempat kost Sobat menjadi semakin menarik seperti adanya akses internet cepat, perabotan lengkap dan fasilitas kamar mandi yang nyaman. Penambahan fasilitas disesuaikan dengan target pendapatan calon konsumen Sobat.

2. Selasar

Jarak antar kamar yang sehat minimal adalah dengan lebar 1,2 m yang digunakan sebagai sirkulasi udara. Jika terdapat ruangan yang lebih lebar, Sobat bisa menggunakannya sebagai ruang untuk berkumpul bersama.

Sumber: nanilumi.com
Sumber: nanilumi.com

3. Ruang Komunal

Ruang komunal dapat digunakan oleh para penghuni kost untuk saling mengenal satu sama lain, bersantai dan berkumpul sehingga dapat membuat para penghuni merasa betah dan tidak cepat jenuh. Sobat bisa memberikan fasilitas yang nyaman seperti adanya tempat duduk, meja kopi, TV dapat juga disambung dengan adanya dapur dan sebagainya.

4. Kamar Mandi

Kamar mandi dapat digunakan oleh calon penghuni untuk mengetahui karakter dari penghuni kost yang lain serta mengukur tingkat kenyamanan dari tempat kost tersebut. Desain tempat kost yang baik dapat memiliki kamar mandi dengan desain yang sederhana namun efisien dan nyaman digunakan. Sobat bisa memberikan fasilitas dalam kamar mandi seperti shower, gantungan baju, toilet dan sebagainya. Jangan lupa untuk membuat ventilasi udara yang cukup untuk sirkulasi udara dari kamar mandi.

Sumber: pegipegi.com
Sumber: pegipegi.com

5. Ruangan Servis

Ruangan servis dapat mencakup ruang cuci dan jemur serta dapur. Untuk membuat penghuni merasa nyaman, Sobat sebaiknya memisahkan daerah yang kamar para penghuni dengan ruang servis.

6. Pekarangan

Penghuni kost banyak yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Jangan lupa untuk menyediakan pekarangan yang digunakan sebagai tempat parkir serta adanya teras dan taman di depan bangunan akan membuat suasana kost menjadi semakin nyaman untuk dihuni.

7. Arah Pemandangan

Untuk memberikan nuansa yang tepat dalam pemandangan para penghuni kost, Sobat bisa membuat kamar menghadap ke pemandangan yang indah dan menarik seperti terdapat taman yang bisa dilihat ketika penghuni keluar dari kamar, dan sebagainya.

Desain tempat kost yang nyaman dan menarik dengan fasilitas yang memadai akan memberikan Sobat kesempatan untuk memasang harga kost yang cukup tinggi, tentunya disesuaikan dengan target konsumen calon penghuni kamar kost yang Sobat tetapkan.

Kost untuk Konsumen Kelas Tinggi

Sumber: http://www.informasikost.com
Sumber: http://www.informasikost.com

Di daerah kota besar misalnya seperti Medan, Surabaya atau Jakarta, banyak juga pasangan suami istri yang menggunakan kamar kost sebagai tempat tinggal mereka. Jika Sobat akan membuat bangunan kost di lokasi yang dekat dengan tempat-tempat kerja, Sobat memiliki kesempatan untuk mencari konsumen dengan pendapatan yang tinggi. Untuk itu, Sobat bisa meningkatkan fasilitas dalam kost Sobat untuk menarik konsumen, seperti adanya tempat parkir mobil, akses internet cepat, kamar mandi di dalam kamar dan adanya perabotan lengkap.

Selain itu, Sobat juga bisa menambahkan fasilitas lain seperti AC, ruang duduk, ruang kerja yang disiasati dengan membuat kamar seperti apartemen mini. Apartemen mini dapat dibuat dengan kamar seluas minimal 3 m x 5 m. Tempat tidur dibuat di bagian atas bertingkat dengan ventilasi udara yang membuat kamar tidur lebih nyaman. Untuk lantai bawah, Sobat bisa membuat ruang duduk, kamar mandi atau ruang kerja.