Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
window-seat-bedroom-ideas
Sumber: http://www.onetopdesign.net

Apakah Sobat memiliki jendela bay di rumah? Bila ya, maka Sobat tentu ingin mendekorasi jendela bay yang merupakan bagian dari interior rumah Sobat. Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mendekorasi jendela bay ini. Karena bentuknya aslinya yang memang sudah unik dan menarik khususnya dari luar, maka Sobat hanya perlu memberikan sedikit sentuhan kreatifitas untuk memaksimalkan sisi artistik maupun aestetik dari jendela bay ini.

Jika Sobat berhasil menerapkan dekorasi yang tepat untuk jendela bay Sobat, tak diragukan lagi bila sisi unik jendela ini akan semakin tampak, baik dari dalam maupun luar ruangan. Ikutilah tips berikut ini sebagai bahan pertimbangan agar jendela bay Sobat tampak elegan dan menarik:

1. Tentukan lokasi dimana jendela bay tersebut terpasang

Sumber: http://sddvy.com
Sumber: http://sddvy.com

Perbedaan lokasi dimana jendela bay itu dipasang tentu akan menentukan jenis dekorasi yang dibutuhkan yang tentunya berbeda. Misalnya, bila jendela bay berlokasi di ruang tamu, maka dekorasi yang akan Sobat terapkan akan berbeda bila jendela bay diletakkan di ruang makan atau kamar tidur.

[Baca juga: Window Seat, Sebuah Zona Nyaman di Dalam RuanganĀ ]

2. Lakukan rekonstruksi dan relokasi jendela bay bila perlu

Sumber: ytimg.com
Sumber: ytimg.com

Bila Sobat ingin meletakkan jendela bay di suatu ruangan, misalnya ruang makan, dan Sobat merasa lokasinya kurang tepat, Sobat bisa melakukan relokasi atau rekonstruksi kembali. Lokasi yang paling tepat untuk ditempati jendela bay adalah pada sudut ruangan.

3. Letakkan furnitur yang sesuai dengan fungsi ruangan

Sumber: http://www.northwichglass.co.uk/
Sumber: http://www.northwichglass.co.uk/

Jika Sobat memilih mendekorasi jendela bay yang berlokasi di dapur atau ruang makan sesuai keinginan Sobat, langkah yang harus Sobat lakukan selanjutnya adalah meletakkan kursi dan meja makan di dekat jendela. Hali ini agar Sobat dan keluarga dapat menikmati pemandangan luar dari dalam ruangan melalui jendela bay Sobat.

Apabila jendela bay terletak di kamar tidur Sobat, Sobat bisa meletakkan meja rias atau meja belajar di dekat jendela bay. Dua furnitur tersebut adalah furnitur yang paling sering digunakan sebagai pelengkap dekorasi jendela bay.

4. Letakkan tempat duduk atau kursi santai

Sumber: http://www.onetopdesign.net
Sumber: http://www.onetopdesign.net

Untuk memfasilitasi diri Sobat dan keluarga ketika ingin menikmati pemandangan luar dari dalam bilik melalui jendela bay, dan sebagai pelengkap dekorasi jendela bay Sobat, Sobat bisa meletakkan sebuah tempat duduk berupa sofa atau kursi santai yang diletakkan di samping jendela dengan posisi condong menghadap ke jendela.

Sobat pun bisa menambahkan bantal sofa agar Sobat merasa lebih nyaman duduk di tempat itu. Buatlah kursi atau sofa tersebut tempat yang nyaman untuk membaca buku, menonton TV, atau mendengarkan musik sembari menikmati pemandangan luar.

5. Letakkan dekorasi pelengkap yang dapat memperkuat tampilan jendela bay

Untuk area ruang makan, hiasan berupa piring-piring keramik dari China adalah dekorasi pelengkap yang mampu menguatkan tampilan jendela bay. Sedangkan untuk kamar anak, jendela bay akan lebih kuat karakternya bila disandingkan dengan dekorasi seperti boneka atau mainan lain.

6. Letakkan tanaman dalam pot di dekat jendela bay

Sumber: http://homesfeed.com
Sumber: http://homesfeed.com

Seperti yang telah kita ulas pada edisi sebelumnya mengenai cara menanam tanaman herbal dalam ruangan, di artikel tersebut disebutkan bahwa lokasi dengan jumlah cahaya yang cukup merupakan tempat yang tepat agar tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu lokasi dimana terdapat cahaya yang melimpah adalah di dekat jendela. Tanaman dalam pot yang diletakkan di dekat jendela bay mampu menghadirkan alternatif dekorasi tersendiri pada jendela bay.