Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Blue-Background-in-Kids-Study-Room-And-Bedroom

Kembali ke sekolah, berarti kembali ke kenyataan untuk sang anak dan orangtua. Inilah waktunya menata rumah untuk  menciptakan ruang belajar yang menyenangkan di rumah sobat Rooang.

Buat beberapa ruang belajar

Sumber : http://fotorumahminimalis.com/
Sumber : http://fotorumahminimalis.com/

Seorang pakar pendidikan, Ann Dolin, penulis Homework Made Simple: Tips, Tools and Solutions for Stress-Free Homework mengatakan bahwa baiknya dalam sebuah rumah memiliki dua atau tiga ruang belajar untuk anak. “Berpindah-pindah ke beberapa tempat dapat meningkatkan produktivitas,” ujarnya. Orangtua juga tidak perlu menyediakan ruang yang terlalu banyak. “Tidak harus spektakuler. Yang penting adalah tidak banyak gangguan di ruangan,” tambah Dolin. Untuk memudahkan mobilisasi dari tempat yang beragam, tata peralatan sekolah (bolpoin, gunting, dan lain-lain) ada dalam sebuah kontainer portabel.

Meja belajar anak di luar kamar. Sumber : https://www.brilio.net/
Meja belajar anak di luar kamar. Sumber : https://www.brilio.net/

Ubah Penataan Kursi

Menurut Judy Shincarick, direktur Occupational and Physical Therapy departments di The Lab School of Washington berkata bahwa pergantian pemandangan dan penataan kursi juga dapat meningkatkan produktivitas. Ia merekomendasikan kursi yang berbeda (atau tidak ada kursi sama sekali) untuk aktivitas pekerjaan rumah yang berbeda. Karena banyak anak yang tak dapat duduk dalam satu spot, seperti kursi misalnya, dalam waktu yang lama. Memecah kemonotonan menjadi hal yang sangat penting.

Sumber : https://proyectos.habitissimo.es/
Sumber : https://proyectos.habitissimo.es/

Pertimbangkan usia dan perkembangan anak

Anak yang lebih muda membutuhkan pengawasan dan dukungan yang lebih banyak, sehingga buatlah mereka tetap dekat dengan sobat. Dapur, ruang makan atau ruang kerja di lantai satu dapat membantu. Ketika anak memiliki PR yang banyak duduk di kursi dapur, sobat dapat meletakkan papan dan rak di sana. Dengan pengaturan seperti ini, anak sobat dapat tetap bekerja dekat dengan sobat Rooang namun tidak terlibat dalam hiruk pikuk mempersiapkan makanan.

Sobat juga bisa meletakkan meja belajar di ruang keluarga karena anak-anak akan lebih mudah diawasi. Namun sobat juga harus memastikan bahwa tidak banyak aktivitas di ruang keluarga yang mengganggu anak pada saat mengerjakan tugas.

 Jangan lupakan yang penting

Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk semua ruang kerja, termasuk ruang belajar bagi anak. Lampu gantung dapat menjadi pilihan. Tentunya ketika merencanakan dan menentukan ruang kerja, pastikan faktor yang membutuhkan colokan listrik. Letakkan tempat permanen untuk mengisi ulang daya peralatan elektronik, sehingga selalu tersedia pada saat dibutuhkan.

Libatkan anak dalam merencanakan ruangan

Kerjasama anak dan orangtua akan membuat ruang belajar makin menyenangkan. Tambahkan karya seni buatan tangan atau sentuhan lainnya. Letakkan kontainer berwarna, penyimpan folder dan alat tulis.