Reading Time: 5 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
interior-butik-di-warsaw-Polandia

Rooang.com | Sobat Rooang adalah pemilik butik? Atau berniat mendirikan fashion store di samping bisnis online shop yang saat ini sedang dijalankan? Ada beberapa faktor yang menarik minat pelanggan untuk betah berlama-lama di toko baju dan akhirnya membeli barang dagangan Anda. Faktor internal berupa dorongan untuk segera memiliki baju baru, entah untuk keperluan suatu acara atau memang baju yang lama sudah tidak cocok dipakai. Faktor eksternal di antaranya adalah promosi yang Anda lakukan dan penataan ruang toko. Faktanya, selain strategi promosi melalui diskon dan iklan, dekorasi interior toko baju juga menarik orang untuk masuk dan setidaknya melihat-lihat koleksi yang sobat miliki. Perhatikan tips dekorasi butik berikut ini agar butik sobat Rooang terlihat sangat menarik.

tema unik interior butik

Tema ruangan

Tips dekorasi butik yang pertama adalah penentuan tema. Bagaimana dekorasi suatu ruangan sangat tergantung pada tema yang ditentukan. Tema ini akan mengarahkan sobat dalam memilih model kabinet, warna cat tembok, dan aksesoris butik. Jika butik fokus menjual pakaian wanita dewasa seperti gaun dan baju kantor, tema pilihannya adalah glamour, elegan, smart-minimalist, dan lembut. Jika butik menjual baju-baju santai remaja putri dan perempuan dewasa, tema yang bisa dipilih antara lain: musim semi, pedesaan, liburan, dan kelembutan. Untuk butik pakaian pria dewasa, Anda bisa memilih tema hitam-putih, gaya rustic, adventure, travelling, atau minimalist modern.

pintu masuk yang lebar dan dinding transparan

Pintu masuk yang lebar

Sumber : http://www.bonia.co.id/
Sumber : http://www.bonia.co.id/

Pintu masuk yang lebar akan membuat orang lebih mudah melihat isi toko baju. Dengan penataan yang baik, toko baju akan terasa lebih ramah dalam menyambut pelanggan dengan lebarnya pintu masuk. Jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat datang di bagian luar pintu masuk dan kata-kata ‘silahkan datang kembali’ di bagian dalam. Hal-hal sederhana seperti ini mungkin akan terabaikan, tetapi bisa menunjukkan keramahan dan kepedulian  kepada pelanggan.

Kemudahan akses

Pastikan pengunjung toko bisa langsung mengetahui di mana letak pakaian yang ia butuhkan tanpa harus bertanya. Untuk itu, letakkan label jenis pakaian sesuai klasifikasinya. Jangan hanya membuat label yang biasa saja. Buatlah label yang unik, misalnya dengan tiang penunjuk arah atau jalan seperti yang biasa ditemukan di jalan, atau dengan plat kendaraan bermotor. Ingat, jangan sembunyikan barang apapun yang sobat Rooang jual, meskipun sebagian di antaranya terkesan kurang menarik dibandingkan baju yang lain.

butik Philipp Plein

Penataan barang sesuai jenis dan warna

Tentu saja baju-baju yang dijual harus diletakkan sesuai jenis atau klasifikasinya. Pengelompokan secara garis besar terdiri atas baju pakaian laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Agar terlihat lebih rapi, susunlah baju-baju tersebut berdasarkan warna dan ukurannya. Penyusunan berdasarkan warna bisa menambah nilai keindahan dan memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka cari.

tema menentukan pemilihan furnitur

Kerapian dan kebersihan

Kerapian dan kebersihan adalah syarat mutlak dalam menata setiap ruangan agar terlihat indah. Apapun aksesoris dan baju yang dijual, pastikan selalu dalam keadaan rapi. Segera atur kembali baju-baju yang telah dilihat dan dicoba oleh pengunjung sehingga tetap terlihat rapi ketika pengunjung lain datang.

aksentuasi pada model gantungan baju

Benda yang unik dan aksen

Untuk menunjang tema dan kenyamanan pengunjung, letakkanlah benda-benda unik di dalam toko sobat, misalnya sepeda tua yang digantung di dinding, vespa antik, lukisan, manekin unik, dan poster-poster. Benda-benda tersebut akan membuat distro atau butik tidak terkesan kaku. Jangan lupa untuk selalu menjaga kerapian barang. Jangan meletakkan terlalu banyak aksesoris dan pernak-pernik yang mengganggu. Sebisa mungkin jangan meletakkan barang yang bisa pecah saat tersenggol oleh pengunjung. Mereka tentunya datang untuk memilih pakaian, bukan membayar ganti-rugi.

kamar pas

Kamar pas

Kamar pas haruslah menjadi tempat yang paling nyaman dan privat. Ukuran kamar pas disesuaikan agar muat diisi oleh 2 orang dewasa. Kamar pas wajib berisi cermin besar seukuran orang dewasa, gantungan baju, dan ditutup dengan setidaknya kain yang tebal dan tidak tembus pandang.

kombinasi gaya dalam interior butik

Pemilihan warna dan corak dinding

Sumber : http://www.rumah-strategis.com/
Sumber : http://www.rumah-strategis.com/

Warna dan corak pada dinding disesuaikan dengan tema yang dipilih. Warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan krem cerah adalah pilihan bijak jika tidak ingin terjadi kekacauan desain. Penggunaan wallpaper atau dinding bata ekspos di salah satu dinding bisa menjadi aksentuasi dalam ruangan dan menghilangkan kesan monoton. Pengecatan dinding sebaiknya dilakukan dengan baik agar ruangan tidak terlihat berantakan. Jangan sampai terlihat ada dinding yang belang atau warna cat tidak merata. Gunakanlah cat berkualitas untuk mendapatkan hasil maksimal.

Aksesoris di hari-hari tertentu

Gantunglah lampion dan letakkan sebuah pohon angpao di hari-hari selama imlek. Aksesoris ini bisa diganti dengan pohon natal, lonceng, gantungan berbentuk ketupat, dan aksesoris lainnya sesuai momen yang ada. Pengunjung akan merasa disambut dengan suasana yang hangat saat mereka melihat bahwa butik milik sobat juga berpartisipasi di hari-hari penting tersebut.

less is more interior concept

Less is more

Semakin sederhana, semakin baik. Kesederhanaan ruangan akan membuat baju-baju yang dijual lebih terkespos. Ini adalah sisi lain pendapat tentang dekorasi toko baju. Beberapa desainer interior menyarankan pemanfaatan kesederhanaan bentuk dan tata ruang. Tapi, sobat Rooang perlu membedakan interior yang simple dengan yang tidak ditata sama sekali. Interior simple untuk toko baju bertujuan mengutamakan fokus pandangan pengunjung pada baju, di samping tetap menciptakan ruang yang nyaman bagi mereka.

Sumber : http://www.rumah-strategis.com/
Sumber : http://www.rumah-strategis.com/

Sebagian orang mengatakan bahwa faktor utama peningkatan penjualan terletak pada kualitas barang dan strategi promosi. Tetapi, mengapa pemilik butik dan distro ternama harus repot menyiapkan dekorasi menarik? Tentu saja keindahan tata ruang memiliki pengaruh yang cukup nyata dalam mengembangkan suatu bisnis. Karena toko baju yang tampak indah dan menawan akan mencuri perhatian, jadi selamat mencoba!

15 COMMENTS