Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Heritage_DoubleHung_03
Sumber: http://peterkohler.com

Salah satu elemen atau fitur pada rumah yang bisa kita poles sedemikian rupa sehingga bisa berdampak positif pada rumah adalah jendela. Ya, meskipun jedela tergolong memiliki ukuran yang kecil dan tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan ukuran rumah yang luas, namun melalui jendela ini kita bisa mendapatkan konsep rumah kita, apakah akan mengarah ke modern, klasik, atau tradisional. Jendela juga cukup esensial karena menjadi salah satu elemen penting yang menjadi area pertukaran atau sirkulasi udara. Sehingga, di sini jendela bisa berperan ganda, sebagai elemen dekoratif maupun elemen fungsional.

Berbicara mengenai jendela, tentunya di pasaran ada berbagai jenis atau tipe jendela yang ditawarkan. Salah satu jenis jendela yang cukup populer dan banyak diminati adalah jendela Double-hung. Tipe jendela satu ini bisa menciptakan kesan tradisional, klasik, namun tetap stylish pada tampilan rumah. Jendela ini juga bisa sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara, dan bisa diterapkan pada rumah yang menginginkan bukaan yang luas. Selain itu, jendela ini juga tergolong memilki desain yang praktis sekaligus dinamis serta dapat menggantikan jendela model standar.

Selain hal-hal di atas, masih banyak fakta-fakta menarik yang belum banyak digali mengenai jendela satu ini. Ingin tahu lebih dalam mengenai jendela double-hung? Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

1. Fungsi

Sumber: www.windowworld.com
Sumber: www.windowworld.com

Jendela double-hung sebenarnya adalah dua jenis jendela yang menjadi satu. Ya, jendela ini tersusun dari dua daun jendela dalam satu kerangka. Jendela ini terbagi ke dalam dua bagian, yakni atas dan bawah. Masing-masing bagian bisa digeser ke bawah atau ke atas, namun ada juga jendela double-hung yang hanya bisa digeser ke atas saja atau ke bawah saja. Meskipun terlihat stylish dan modern, faktanya, jendela ini tergolong model jendela yang cukup tradisional dan klasik serta telah ada sejak beberapa puluhan hingga ratusan tahun yang lalu.

2. Fitur-fitur tambahan yang ada pada jendela double-hung

Sumber: http://www.doublehungwindowrestoration.com
Sumber: http://www.doublehungwindowrestoration.com

Pada double-hung ini, terdapat fitur tambahan yang sering kali dilupakan. Padahal, perannya cukup penting dan signifikan. Fitur tambahan itu yakni isolasi atau sekat. Sekat ini penting untuk ditambahkan, sebab dapat meningkatkan efisiensi penggunaab energi pada rumah, misal ketika pemilik rumah ingin menyalakan AC atau pemanas ruangan. Dengan adanya sekat, maka akan mengurangi energi yang terbuang keluar. Selain sekat, cek juga fitur tambahan seperti pembuka bingkai jendela. Dengan adanya fitur tambahan tersebut, maka jendela double-hung akan lebih mudah dibersihkan, terutama dari luar. Bahkan, pada jenis jendela double-hung tertentu, ada fitur UV protection yang dapat menangkal sinar UV dari matahari agar tidak masuk ke dalam rumah.

3. Tips pemasangan

Sumber: http://peterkohler.com
Sumber: http://peterkohler.com

– Pemasangan jendela double-hung ini relatif sederhana, namun akan lebih baik bila hal ini ditangani oleh profesional di bidangnya.
– Pertimbangkan untuk memasang jendela bay di samping jendela double-hung. Sehingga, Sobat akan mendapatkan kombinasi keuntungan dari kedua jenis jendela tersebut. Sobat bisa mendapatkan akses view yang luas dari jendela bay, dan sirkulasi udara yang baik dari jendela double-hung.