Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
tapis-style-wt
www.sumbersetia.com

Sebelumnya, sobat Rooang sudah mengetahui begitu banyak alternatif material lantai, dari keramik, granite , marmer, terrazzo, linoleum hingga vinyl. Tetapi, ada satu yang masih belum pernah Rooang bahas, yaitu material karpet (khususnya yang berbentuk tile). Pasti terdengar asing untuk para sobat Rooang. Oleh karena itu, yuk mari kita lihat beberapa alasan kenapa sobat Roooang harus menggunakan karpet tile?

Inilah beberapa alasan yang berisi tentang keunggulan-keunggulan dari penggunaan karpet tile :

Mudah untuk diganti dan dibersihkan

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Salah satu perbedaan karpet roll dengan karpet tile adalah ukurannya, dimana ukuran karpet tile rata-rata mirip seperti material tile pada umum nya, Karpet Tile Tajima terdiri dari 3 macam ukuran, yaitu 250 x 750 / 500 x 500 / 250 x 1000. Selain itu, Karpet tile memiliki perawatan yang lebih mudah daripada karpet roll dan mudah diganti, misalkan kita secara tidak sengaja menumpahkan sesuatu diatas karpet dan meninggalkan noda, tinggal diganti saja bagian yang terkena noda (beda apabila anda menggunakan karpet roll, anda harus mengganti seluruh karpet apabila ingin terlihat indah dan tidak ada bekas potongan).

Pemasangan yang mudah dan flexible

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Karpet tile memiliki tingkat pemasangan yang lebih mudah bila dibandingkan dengan karpet roll, biaya pemasangan dan waktu yang dibutuhkan juga lebih sedikit (kurang lebih 20% lebih cepat daripada karpet roll). Selain itu, packaging karpet tile lebih fleksibel karena dipacking per kotak sesuai ukuran, sehingga lebih mudah dibawa ke lokasi kerja (bayangkan apabila anda memiliki lokasi kerja yang sempit dan anda harus membawa masuk karpet roll yang umumnya memiliki ukuran 10-20m per roll). Karpet tile lebih mudah untuk dipasang di ruangan yang memiliki bentuk tidak umum atau memiliki desain rumit.

Waste lebih sedikit

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Pada umumnya, sisa material pemasangan pada sebuah project dibuang karena merupakan material lantai, akan tetapi karpet tile dapat didaur ulang menjadi seperti aksesoris kendaraan / hiasan rumah atau bahkan karpet baru dengan memanfaatkan desain kombinasi beragam macam potongan.

Variasi beragam

Karpet tile lebih memberikan kebebasan dalam design pada sebuah ruangan. Karpet tile memiliki variasi warna dan tekstur sehingga mudah untuk dikombinasikan sesuai kreativias kita, misalkan kita hanya ingin menggunakan satu warna saja? Tidak masalah, atau kita ingin kombinasikan satu warna dengan warna lain dengan berbagai variasi teksture? Jelas tidak masalah. Berikut ini adalah contoh ide yang dapat diterapkan jika sobat Rooang menggunakan karpet tile untuk ruang kerja yang ada di rumah.

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Aplikasi karpet tile yang ada bisa dikombinasikan warnanya antara warna tua dan muda. Sehingga tampilan ruang kerja yang ada di rumah terlihat menarik dan nyaman!

Biaya yang lebih bermanfaat

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Secara harga, memang karpet tile memiliki harga lebih tinggi daripada Karpet roll, akan tetapi mereka jauh lebih durable dibandingkan dengan karpet roll. Pada umumnya, karpet tile memiliki tingkat durabilitas rata” Antara 14 tahun – 17 tahun, dibandingkan dengan karpet roll yang memiliki rata” durabilitas Antara hanya 7 tahun – 10 tahun. Selain itu, ketika kita menggunakan karpet tile, kita tidak perlu membeli / memasang lapisan bawah atau padding karena karpet tile telah memilikinya (karpet tile cenderung lebih tebal daripada karpet roll, karena padding atau lapisan bawah mereka sudah terpasang).

Sumber : http://www.sumbersetia.com/
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Satu hal lagi keunggulan dari si material karpet tile ini, yaitu sisa potongan pada karpet tile jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan karpet roll.  Dengan seluruh pertimbangan diatas, sobat Rooang menghitung berapa biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan karpet tile dalam jangka panjang untuk hunian maupun area komersial.