Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
0e7722464286d7af6530b49fc05e6300
Sumber: http://caeq.info

Dalam melakukan penginstalan di kamar mandi, jenis Jacuzzi baththub ini pun kurang lebih sama dengan cara penginstalan bathtub-bathtub yang lain. Namun, karena fitur-fitur pada Jacuzzi baththub ini sedikit berbeda dengan fitur-fitur pada baththub lainnya, akan ada proses-proses lain yang perlu ditambahkan, seperti proses framing dan wiring.

Selain kedua proses di atas, masih ada proses-proses lain yang perlu dilakukan dalam instalasi Jacuzzi baththub ini. Ingin tahu lebih detail mengenai proses-prosesnya? Di bawah ini lagkah-langkah yang mesti Sobat lakukan untuk menginstal Jacuzzi baththub pada kamar mandi.

1. Framing

Bila frame sudah terpasang dengan baik, frame ini nantinya akan menahan posisi Jacuzzi agar stabil ketika digunakan, sehingga Sobat tidak perlu khawatir air akan tumpah atau meluber ke samping ketika digunakan berendam. Pastikan juga bahwa penghubung antara lantai kamar mandi dengan frame Jacuzzi baththub cukup kuat, sehingga bathtub tidak akan menekan lantai yang pada akhirnya bisa merusak lantai.

2. Menginstal GFCI

GFCI atau Ground Fault Circuit Interrupter adalah perangkat penting yang turut dimasukkan dalam proses instalasi Jacuzzi baththub. Perangkat ini biasanya dipasang di sela-sela frame bathtub. Jacuzzi baththub biasanya mensyaratkan penggunaan ini untuk mencegah adanya konsleting atau hubungan arus pendek. Meskipun pompa dan tubnya sudah dilapisi dengan bahan yang aman, namun hal ini masih dimungkinkan terjadinya kebocoran atau keretakan yang bisa berakibat fatal, terlebih karena kedua perangkat tersebut akan langsung kontak dengan air.

Sumber: http://caeq.info
Sumber: http://caeq.info

3. Menentukan Akses dan Penataan Panel

Untuk menghubungkan komponen-komponen mekanik pada Jacuzzi baththub , biasanya terdapat panel-panel atau kabel yang bisa dilepas. Penting bagi Sobat untuk mengetahui posisi persisnya serta memilki kemudahan untuk menjangkaunya untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu Sobat ingin mengganti atau memperbaiki komponen-komponennya. Sobat bisa saja menaruh atau memasang panel-panel ini di dinding, di bawah frame Jacuzzi, atau di samping Jacuzzi ini.

4. Leveling dan Pengamanan

Pastikan bahwa flange atau kaki-kaki yang menopang Jacuzzi baththub ini cukup kuat dan kokoh untuk menyangga Jacuzzi, khususnya ketika pertama kali digunakan. Cek juga apakah skrup-skrupnya sudah terpasang dengan baik. Di bagian bawah agak ke dalam pada Jacuzzi baththub ini, mesti dibuat saluran drainase yang cukup landai, sehingga bisa mengalirkan air yang luber. Perlu juga dibuat lantai yang berjenjang atau leveling untuk memaksimalkan drainase.

Sumber: http://caeq.info
Sumber: http://caeq.info

5. Anchoring dan Padding

Sematkan semacam sauh atau anchor pada dinding yang biasanya juga terdapat salam satu set Jacuzzi baththub yang dijual. Sauh yang dikaitkan dengan dinding akan menjaga Jacuzzi tetap stabil. Selain itu, kemungkinan juga Anda perlu memasang foam pads yang disisipkan pada sela-sela antara bagian dasar tub dengan frame. Cek kondisi foam pads ini dan pastikan benda ini berada pada tempatnya untuk mengurangi vibrasi / getaran ketika digunakan.