Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Pergi-liburan
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Di tahun 2017 ini, ada banyak sekali long weekend dan hari libur, dan pasti banyak dari sobat Rooang yang memiliki rencana untuk pergi liburan. Namun ada satu hal yang biasanya membuat sobat Rooang menjadi takut dan khawatir, yaitu pada saat akan meninggalkan rumah kosong dengan aman disaat pergi berlibur. Karena kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi dan menimpa sobat Rooang. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, coba ikuti tips sederhana berikut ini :

Periksa listrik dan gas

Selalu pastikan alat alat elektronik yang tidak digunakan selama berlibur sudah  dilepas dari stop kontak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko terjadinya konsleting yang dapat menyebabkan rumah kebakaran.

liburan
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Selain itu, resiko kebakaran juga dapat ditimbulkan pula oleh tabung gas, oleh karena itu pastikan bahwa kompor gas milik sobat Rooang sudah dilepas dari saluran penghubungnya supaya bisa ditinggalkan dalam kondisi yang aman.

liburan
Sumber : http://ngoprekkompor.blogspot.co.id/

Pasang lampu dengan sensor cahaya

Orang asing bisa mengetahui bahwa rumah tersebut sedang dalam keadaan kosong atau tidak hanya dari kondisi lampu yang menyala, sobat. Misalkan jika saat pagi hari rumah dalam keadaan menyala, kemungkinan besar rumah sedang dalam keadaan kosong karena tidak ada penghuninya, begitu pula pada malam hari. Keadaan seperti ini sangat berbahaya sobat!

liburan
Sumber : http://ddheartslove.com/

Akan sangat berguna apabila sobat memasang lampu dengan sensor yang memiliki fungsi otomatis untuk mengatur kapan waktunya lampu menyala dan padam.

Simpan kunci kendaraan

liburan
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Jangan pernah meninggalkan kunci kendaraan di dalam rumah sobat, karena apabila rumah sampai kebobolan setidaknya kendaraan masih tetap ada di tempat. Cara yang paling ampuh adalah dengan membawanya pada saat pergi berlibur atau bisa juga dengan menitipkan kepada kerabat atau tetangga yang dipercaya.

Pamit kepada tetangga dan satpam

Pencegahan adalah hal yang paling baik, setidaknya sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur, pamit kepada tetangga terdekat serta petugas keamaan perumahan. Hal ini sangat membantu karena mereka dapat ikut membantu mengawasi rumah dan memberi tahu sesuatu apabila ada hal aneh yang terjadi di rumah, selama sobat pergi liburan.

liburan
Sumber : http://www.radarbangka.co.id/

Demikian beberapa tips agar rumah aman saat ditinggal liburan, happy holiday sobat!