Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Marvelous-stylecraft-in-Bedroom-Transitional-with-Wall-Panel-Molding-next-to-Bed-Scarf-alongside-Silver-Strand-Sherwin-Williams-andQueen-Over-Queen-Bunk-Bed-
http://madebymood.com/

Kamar tidur merupakan tempat yang menjadi favorit bagi setiap orang untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas.  Selain itu kamar tidur adalah tempat paling nyaman dan enak untuk berdiam diri sambil menghabiskan waktu luang di rumah. Faktor kenyamanan memang penting untuk sebuah kamar tidur, namun faktor kesehatan tidak kalah penting juga untuk diperhatikan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diaplikasikan agar kamar tidur kita tetap bersih dan sehat.

Jendela

kamar tidur yang sehat
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Usaha untuk membuat kamar tidur yang sehat adalah dengan membiarkan aliran udara di kamar tidur keluar masuk dengan lancar. Caranya adalah dengan rutin membuka jendela di pagi hari, dan lakukan hal ini setiap hari, sobat. Cara ini ampuh untuk menyegarkan ruangan dan mengganti sirkulasi udara yang terjadi di dalam ruangan.

Gunakan tanaman

kamar tidur yang sehat
Sumber : http://www.sumbersetia.com/

Menghadirkan tanaman di dalam kamar tidur tidak hanya berfungsi untuk mempercantik kamar tidur, namun beberapa jenis tanaman juga ada yang menyehatkan ruangan. Tanaman jenis ini dapat melepaskan oksigen dan membantu menyaring senyawa udara berbahaya yang masuk ke dalam kamar tidur. Contoh tanaman yang bisa membantu udara di dalam kamar tidur menjadi sehat adalah : bunga Krisan, spider plant, english ivy, atau bunga Lily.

Alat pemurni udara

kamar tidur yang sehat
Sumber : http://www.brookstone.com/

Alat pemurni udara adalah salah satu cara yang sangat efisien untuk memurnikan kondisi udara di dalam kamar tidur dari beberapa zat yang berbahaya. Dengan cara ini kamar tidur akan terbebas dari polutan berbahaya seperti tungau atau debu.

Bersihkan kamar secara teratur

kamar tidur yang sehat
Sumber : https://www.builddirect.com/

Meskipun sudah menggunakan alat filter udara, namun sangat penting untuk menjaga kamar tidur yang bebas dari kotoran dan debu dengan cara rutin membersihkan area kamar secara teratur! Khususnya beri perhatian terhadap sisi pojokan area kamar, sobat.

Ganti seprai secara teratur

kamar tidur yang sehat
Sumber : https://idnews.co.id/

Pastikan setidaknya seminggu sekali ganti seprai ranjang anda secara teratur, bisa dibayangkan tidak jumlah kotoran, debu mati dan sisa kotoran kulit yang berkumpul selama itu diranjang anda? Apalagi bila dibiarkan bisa menjadi sarang tempat berkembang biak tungau dan dapat menyebabkan masalah asma dan jerawatan.

Hindari menggunakan bantal berbahan kimia

Apabila sobat menggunakan bantal memory foam (jenis bantal yang dapat mengingat bentuk kepala anda pada saat tidur), sebaiknya periksa kembali komposisi dari bantal tersebut karena sebagian besar bantal memory foam memiliki kandungan gas berbahaya yang disebut VOC (volatile organic compounds). Bahan ini dapat menyebabkan seseorang sakit kepala atau mual bahkan menyebabkan iritasi pada mata.

kamar tidur yang sehat
Sumber : https://www.westinstore.cn/

Jadi kan lebih baik apabila diganti dengan alternatif yang lebih organic seperti wol atau bulu. Apabila tidak suka, bisa juga dengan menggunakan busa lateks yang alami.

Jauhkan peralatan kerja dari ranjang

Jika tinggal di apartemen tipe studio, yang biasanya satu ruangan bisa memiliki fungsi sebagai beberapa ruangan, hal yang sering terjadi adalah kamar tidur difungsikan juga sebagai ruang kerja.

kamar tidur yang sehat
Sumber : http://www.bikinkantor.com/

Namun nyatanya langkah ini tidak sehat untuk sebuah kamar tidur. Bagaimana langkah yang sehat? Jauhkan peralatan kerja dari area ranjang tempat tidur, sobat! Karena di salah satu penelitian, menunjukkan bahwa meletakkan printer laser di sebuah ruangan dapat mengakibatkan pancaran partikel kecil berbahaya untuk kesehatan mata.

Semoga cara di atas, bisa membantu sobat Rooang untuk menciptakan suasana kamar tidur yang sehat.