Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
e3df9b64f470420af0508a1efd841ca99bda92ad
Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Luasan ruang yang terlalu besar tidak selalu berarti baik, sobat. Karena dengan luasan yang terlalu luas, fungsi beberapa ruang yang ada di satu tempat menjadi tidak jelas. Pada saat seperti inilah kehadiran partisi dibutuhkan. Namun, jika harus selalu membeli partisi untuk memisahkan fungsi ruang tentu akan membutuhkan biaya yang besar. Kalau begitu bagaimana jika Rooang berbagi tutorial singkat mengenai, membuat partisi lipat yang bisa dilakukan oleh para sobat Rooang di rumah!

Bahan-Bahan :

Lembaran wallpaper

Panel kayu

4 unit engsel dari bahan kuningan

Sekrup

Obeng atau bor yang tanpa kabel

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Langkah-Langkah :

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Gelar panel kayu yang sobat Rooang telah pilih di atas lantai supaya memudahkan untuk bekerja. Kemudian bersihkan permukaan panel hingga bersih, setelah permukaan panel kayu bersih mulailah untuk membungkus si panel kayu dengan lembaran wallpaper.

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Bungkus panel kayu dengan lembaran wallpaper dengan rapi dan teliti, sobat! Pastikan setiap sudutnya terbungkus dengan rapi dan jangan sampai ada yang terlewat! Panjang dan lebar lembaran wallpaper sebenarnya tidak banyak yang sesuai dengan panjang dan juga lebar panel kayu, sehingga sobat Rooang harus benar-benar menyediakan beberapa lembaran wallpaper supaya panel kayu terbungkus dengan sempurna tanpa ada cela dan gelembung-gelembung udara!

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Karena kita membuat partisi lipat jadi membutuhkan paling tidak 4-5 buah panel kayu, supaya bisa dibentuk lipat dengan bantuan engsel. Namun jangan lupa untuk memastikan panel kayu terbungkus rapi oleh wallpaper ya sobat!

Setelah semua panel kayu terbungkus rapi oleh wallpaper, mulailah mendesain panel kayu seperti sebuah panel partisi. Jika sobat Rooang merasa kesusahan jangan sungkan untuk minta bantuan dari orang-orang yang ada di rumah, bisa asisten rumah tangga atau anggota keluarga, ya! Mulailah dengan menyusun lembar-lembar panel kayu yang sudah dibungkus dengan wallpaper, kemudian setelah selesai disusun pasanglah engsel di antaranya!

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/

Tentunya memasang engsel harus dibantu dengan alat bor sobat! Setelah selesai memasang engsel, lakukan kroscek sebelum menyambungnya dengan panel partisi berikutnya. Setelah semua panel kayu terpasang rapi menjadi partisi lipat yang diinginkan, letakkanlah di ruangan yang sobat Rooang kehendaki!

Sumber : http://www.apartmenttherapy.com/