Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
furniture-beli-jadi-vs-furniture-custom-1
Sumber : http://www.countryliving.com/

Lagi-lagi, desain interior rumah tidak hanya bergantung kepada faktor luas lahan atau gaya interior yang digunakan, namun juga dari pentingnya keberadaan furniturenya. Furniture di dalam sebuah rumah ikut menentukan dan membantu seberapa cantik rumah tersebut. Tapi ada satu hal yang biasanya sering sobat Rooang alami berkaitan soal furniture yaitu, apakah harus menggunakan furniture yang sudah jadi atau malah membuat sendiri / custom furniture tersebut? Sebelum memutuskan untuk memilih yang mana, kenali dulu untung-rugi membeli furniture jadi dengan meng-custom furniture berikut ini:

Furniture beli jadi

furniture
Sumber : Pinterest

Furniture beli jadi sendiri sejatinya berarti sobat langsung membeli atau mencari si furniture-furniture yang dibutuhkan di toko-toko furniture. Dan jika sobat memang lebih suka dengan membeli furniture yang sudah jadi, maka sebenarnya tidak masalah juga kok! Mengapa? Sebab, furniture yang sudah jadi tersebut bisa langsung dipakai, kemudian biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan custom dan yang terakhir tampilan model furniturenya lebih rapi.

furniture
Sumber : Pinterest

Tapi bukan berarti membeli furniture yang sudah jadi dan siap pakai ini tidak memiliki kelemahan, sobat. Ternyata meskipun furniture yang sudah jadi ini menyimpan banyak keunggulan, tapi faktor kelemahannya juga wajib diperhatikan agar sobat tidak menyesal di kemudian hari! Kelemahan furniture yang sudah ready stock ini adalah :

  • Konsumen tidak tahu dengan jelas material apa yang digunakan oleh produsen sehingga tidak tahu pasti furniture tersebut akan bertahan berapa lama.
  • Ukuran furniture belum tentu sesuai dengan ukuran ruangan yang ada di dalam rumah.
  • Meskipun model dan bentuk furniture yang sudah jadi tersebut ada banyak dan beragam, belum tentu juga bisa sesuai dengan konsep atau gaya interior yang diaplikasikan.

Furniture custom

Nah, jika sobat Rooang ingin menggunakan furniture yang custom atau dibuat khusus untuk dekorasi rumah tinggal milik sobat Rooang ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh yaitu :

  • Ukuran furniture sudah pasti pas dan sesuai dengan besar luasan ruangan.
  • Bahan material yang akan digunakan juga bisa sobat Rooang cari dan pilih sendiri bersama sang desainer demi mendapatkan kualitas furniture yang baik dan tahan lama.
  • Dan yang lebih penting desain model hingga pemilihan warna furniture bisa sobat kreasikan sesuai dengan konsep interior dan selera sobat.
furniture
Sumber : Pinterest
furniture
Sumber : Pinterest

Namun furniture yang didesain sendiri alias custom ini juga punya beberapa kekurangan sobat, diantaranya adalah :

  • Waktu pengerjaan lebih lama
  • Harga cendeung lebih mahal, apalagi jika sobat menggunakan bahan kualitas terbaik.
  • Hasilnya tidak akan serapi buatan pabrik

Sudah tahu akan pilih yang mana sobat, diantara furniture beli jadi atau furniture custom ?