Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
menyiasati taman sempit
Sumber: http://cerahmenakjubkan.com/

Semakin terbatasnya area lahan rumah, membuat area taman atau halaman rumah pun ikut semakin menyempit. Bahkan tak jarang menjadi sangat sempit dan benar-benar terbatas hingga membuat pemiliknya kesulitan untuk menata dan mengatur desain taman agar tetap tampak cantik dan menarik. Meski begitu, menyiasati taman sempit di rumah agar tampak luas dan cantik bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

Tidak Menanam Pohon Besar

Menanam pohon besar di halaman atau taman rumah yang sempit tentu akan terlalu memakan lahan taman dan membuat taman menjadi tampak semakin sempit. Oleh karena itu, menanam pohon yang ukurannya terlalu besar sebaiknya dihindari. Terlebih jika pohon tersebut memiliki daun yang lebar. Namun jika menginginkan suasana yang rindang dengan pohon yang agak besar, ada baiknya jika Sobat Rooang lebih mempertimbangkan untuk menanam pohon seperti pohon cemara, pohon palem, atau pohon-pohon sejenisnya yang daunnya lancip. Rontokan daun dari pohon-pohon tersebut juga tidak akan terlalu mengotori taman rumah.

menyiasati taman sempit
Sumber: https://decomg.com/

Siasati Dengan Rerumputan

Untuk mendapatkan taman rumah yang asri dan segar, Sobat Rooang tak harus menanam banyak tanaman yang banyak memakan lahan. Sebagai gantinya agar taman rumah tetap tampak asri dan hijau, Sobat Rooang bisa menyiasatinya dengan rerumputan pada lantai taman seperti rumput Jepang, rumput gajah, rumput golf atau jenis rumput lainnya yang lebih sesuai. Namun jangan lupa untuk memberi area jalan setapak pada taman untuk memberi area jalan atau memudahkan saat akan menyirami taman.

cara menyiasati taman sempit tampak luas
Sumber: Pinterest

Tempatkan Tanaman Pada Satu Area

Menanam berbagai jenis tanaman di halaman rumah mungkin akan menyenangkan. Namun jika penempatannya di tempatkan secara sembarangan, kemungkinan akan membuat taman rumah yang sempit tampak semakin sempit. Sehingga untuk menyiasati taman sempit di rumah, sebaiknya tanaman-tanaman tersebut di tempatkan dalam pot dan diletakkan pada satu titik tertentu. Sobat Rooang bisa memanfaatkan sudut taman untuk menata tanaman-tanaman tersebut. Trik ini juga dapat membuat taman tampak semakin cantik denganĀ focal point yang ditentukan.

menyiasati taman sempit tampak luas
Sumber: https://decomg.com/

Untuk menyiasati taman sempit agar tampak luas dan cantik, Sobat Rooang juga bisa menambahkan lampu hias untuk memaksimalkan pencahayaan pada area taman. Pertimbangkan juga untuk menambahkan pergola yang dapat berfungsi sebagai bingkai taman serta dapat dimanfaatkan untuk membuat taman vertikal.