Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
karakteristik-bata-ekspos
Sumber: http://www.home-designing.com/

Untuk mendapatkan kesan natural, klasik atau tradisional, konsep desain dinding interiornya tak jarang disiasati menggunakan konsep bata ekspos. Pasalnya dengan material tanah yang digunakan untuk pembuatan bata, kesan alami dan eksotis dapat menonjol ketika batu bata tersebut diaplikasikan dengan baik. Sehingga konsep dinding dengan jenis bata ekspos begitu digemari sejak lama. Selain itu penerapan konsep bata ekspos juga dianggap memakan biaya yang lebih murah dan memiliki nilai estetika tinggi. Meski begitu, bukan berarti penerapan ide bata ekspos tidak mempunyai kekurangan. Karena nyatanya penerapan bata ekspos pun membutuhkan perawatan ekstra karena sifatnya yang mudah lembab.

Jika Sobat Rooang tertarik menerapkan konsep bata ekspos pada hunian, setidaknya ada berbagai jenis bata ekspos yang harus diketahui terlebih dahulu agar lebih sesuai dengan keinginan. Karena setiap jenisnya tentu memiliki karakter yang berbeda-beda.

Bata Tanah Liat Biasa

ragam bata ekspos
Sumber: http://www.ayanahouse.com/

Bata jenis ini merupakan jenis bata yang dibuat menggunakan bahan baku tanah liat yang padat. Umumnya bata jenis ini memiliki warna yang tidak seragam. Sehingga tak jarang ada yang berwarna kehitaman karena proses pembakaran. Jenis bata ini memiliki kesan klasik yang kuat. Dengan demikian saat diterapkan pada desain interior rumah, kesan rustic tampak lebih kental dan menonjol.

Bata Tempel

jenis bata ekspos
Sumber: http://arsitektur.me/

Berukuran lebih tipis dibanding bata biasa, bata tempel biasanya digunakan untuk menghias dinding yang sudah jadi, namun ingin menerapkan konsep bata ekspos tanpa merombak dinding yang sudah jadi. Ketebalannya hanya sekitar 2 cm, sehingga tak membuat dinding semakin tebal jika dilapisi dengan bata tempel ini. Karena tujuannya adalah hanya untuk menghias dinding, maka bata ini tidak bisa difungsikan sebagai pengokoh bangunan.

Bata Terakota

model bata ekspos
Sumber: http://www.btiles.com/

Tekstur bata terakota lebih halus dibanding bata biasa. Bentuknya pun lebih presisi sehingga tampak lebih rapi jika digunakan, maka tak mengherankan jika harga bata jenis ini lebih mahal dibanding bata biasa. Namun jenis bata ekspos terakota ini cenderung lebih awet dan tahan lama. Untuk mendapatkan kesan klasik, bata terakota lebih mudah dalam hal finishing.

Dari berbagai  tipe bata ekspos tersebut, masing-masing jenis bata ekspos memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Sobat Rooang bisa mempertimbangkan dengan baik untuk jenis batu bata mana yang akan digunakan.

2 COMMENTS