Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
merawat wallpaper
Sumber: https://domino.com/

Pilihan motif dan warna yang sangat beragam, membuat wallpaper menjadi begitu diminati oleh banyak orang. Terlebih lagi, wallpaper memiliki kelebihan bisa bertahan hingga 10 tahun. Sehingga kelebihan tersebut membuat banyak orang lebih memilih menggunakan wallpaper untuk melapisi dinding rumah. Tentu saja dengan catatan dilakukan cara merawat wallpaper yang tepat dan benar.

Memberikan perawatan yang tepat pada wallpaper selain dapat membuatnya lebih awet, tentunya juga untuk menjaga keindahannya. Pasalnya tetap memasang kertas dinding yang mulai rusak tentu akan membuat penampilan interior rumah menjadi terganggu keindahannya. Maka demi menjaga keindahan tersebut tetap terjaga dan lebih awet, diperlukan cara merawat wallpaper yang tepat.

Hindari Dinding Yang Lembap

Dinding yang lembap bukan medan yang baik untuk wallpaper. Mengingat kelembapan akan membuat wallpaper cepat rusak dan berjamur, jadi perhatikan dengan baik kondisi kelembapan pada dinding tersebut. Sehingga jika dinding di rumah Sobat Rooang memiliki kelembapan tinggi, untuk mengakalinya bisa dengan memberi lapisan dinding tersebut menggunakan cat khusus yang memiliki efek anti lembap.

cara merawat wallpaper
Sumber: Pinterest

Bersikan Secara Rutin

Meski mungkin tak terlihat namun jangan salah ya Sobat Rooang, debu tetap dapat menempel pada permukaan wallpaper. Sehingga agar tidak menumpuk dan memberi efek negatif pada rumah, sebaiknya debu-debu tersebut dibersihkan secara rutin. Sobat Rooang bisa membersihkannya dengan kemoceng, vacuum cleaner atau kain lembut agar tidak menggores permukaannya.

Membersihkan Noda

Tak bisa dihindari, meski sudah berusaha hati-hati namun terkadang percikan noda tetap saja ada yang mengenai wallpaper. Perasaan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan noda tersebut loh. Namun untuk membersihkannya, Sobat Rooang perlu mengenali bahan wallpaper yang digunakan. Jika berbahan kertas, gosok noda tersebut menggunakan bahan yang lembut seperti tisu basah atau spons lembut ya, Sobat Rooang. Usahakan untuk tidak membuat alat yang digunakan untuk membersihkan noda tersebut terlalu basah ya. Cukup sedikit lembab saja agar tidak merusak wallpaper.  Setelahnya jangan lupa untuk mengusap kembali area tersebut dengan kain kering atau kanebo sampai mengering agar tidak meninggalkan bekas.

cara membersihkan wallpaper
Sumber: Pinterest

Gunakan Sikat Berbulu Halus Jika Terpaksa

Jika membersihkan noda tersebut tak cukup dengan menggunakan kain lembut, Sobat Rooang bisa menggunakan sikat yang memiliki bulu lembut untuk membersihkan noda membandel tersebut. Usahakan untuk tetap menggosoknya dengan perlahan agar tidak menyobek wallpaper ya.

Semoga cara merawat wallpaper tersebut berguna ya, Sobat Rooang.