Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
inspirasi jenis tirai untuk rumah
Sumber: http://jpfeap.com/

Tirai yang biasa diaplikasikan pada jendela rumah, memiliki banyak fungsi. Selain untuk membatasi pandangan dari dunia luar, umumnya tirai juga dimaksudkan untuk menghalangi cahaya dari luar sehingga tidak masuk ke dalam ruangan secara berlebihan. Sehingga tak mengherankan jika penerapannya pada rumah, disesuaikan dan dipilih berdasarkan jenis tirai masing-masing.

Pasalnya meski terkesan sepele, namun masing-masing jenis tirai tersebut juga dapat memiliki peranan dan mempengaruhi desain interior rumah secara keseluruhan. Maka pemilihannya juga disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi dari tirai itu sendiri. Karena meski tampak sama, namun setidaknya tirai memiliki beberapa jenis ini.

Tirai Geser

jenis tirai untuk rumah
Sumber: Pinterest

Jenis tirai ini cukup dikenal juga dengan sebutan tirai klasik. Mengingat untuk membuka atau menutupnya, tirai haruslah digeser ke arah kanan atau kiri. Umumnya tirai ini menggunakan bahan kain yang dilubangi atau digantung pada bagian atasnya sehingga lebih mudah digeser-geser. Sering kali tirai jenis ini diterapkan untuk rumah tinggal pada berbagai ruangan.

Tirai jenis ini lebih disukai untuk rumah atau hunian karena lebih mudah disesuaikan dengan tema atau gaya desain interior yang diterapkan. Pemilihan jenis kain, warna dan motifnya pun lebih mudah dibanding jenis tirai yang lainnya.

Tirai Rolling Vertikal

inspirasi jenis tirai vertikal untuk rumah
Sumber: Pinterest

Meski untuk membuka atau menutup tirainya haruslah digeser ke arah samping kanan atau kiri, namun tirai jenis rolling vertikal ini berbeda dengan tirai geser biasa. Pasalnya pada tirai rolling vertikal, umumnya memiliki pengait tali yang bisa digerakkan untuk membuka atau menutup tirainya. Seringnya, tirai jenis ini digunakan untuk rumah minimalis, rumah modern serta perkantoran. Bahan yang bisa digunakan untuk tirai ini pun bisa berupa kain atau bahan kanvas yang sifatnya lebih kaku dibanding kain biasa.

Tirai Rolling Horizontal

inspirasi tirai untuk rumah
Sumber: http://desidees.net/

Jika pada tirai geser atau tirai rolling vertikal merupakan jenis tirai yang untuk membuka atau menutupnya adalah menggeser tirai ke samping kanan atau kiri, maka jenis tirai rolling (gulung) horizontal ini digulung atau digeser ke atas atau bawah untuk membuka serta menutupnya. Umumnya tirai ini banyak digunakan pada jendela perkantoran atau rumah berkonsep tradisional hingga modern dengan bahan kain atau kanvas yang hampir sama dengan tirai rolling vertikal. Meski tak jarang juga menggunakan bahan rotan untuk kesan natural.

1 COMMENT