Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
desain dapur terbuka
Sumber: Pinterest

Konsep dapur sebagai tempat memasak yang dulunya selalu berada di belakang rumah dan cukup terpojok, perlahan mulai berubah dan semakin berkembang. Bahkan kini dapur tak lagi harus berada di belakang rumah, dapur bisa ditempatkan di tengah rumah dan menerapkan konsep terbuka. Dengan konsep dapur terbuka yang terintegrasi pada seluruh ruangan di dalam rumah, memberi kesan bahwa dapur menjadi tempat yang cukup menyenangkan untuk kegiatan memasak.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk penerapan konsep dapur terbuka di rumah.

konsep dapur terbuka
Sumber: https://www.archdaily.com/

Terkesan Trendi Dan Modern

Pada desain rumah modern yang banyak berkembang saat ini, konsep rumah dengan gaya open plan banyak diterapkan. Dengan gaya hampir seluruh ruangan yang tak bersekat, termasuk dapur, memberi kesan modern dan trendi pada desain interior rumah. Konsep dapur terbuka juga mencerminkan karakter dan pemikiran pemilik rumah yang easy going dan terbuka dengan segala perubahan.

ide dapur terbuka
Sumber: http://www.home-designing.com/

Hemat Tempat

Karena tak memiliki sekat yang besar dengan ruangan lain di dalam rumah, sehingga secara otomatis dapur terbuka juga dapat menghemat area di dalam rumah. Konsep dapur terbuka ini memungkinkan Sobat Rooang mengaplikasikan ruang makan yang menjadi satu dengan dapur, atau ruang keluarga yang berdekatan dengan dapur.

konsep dapur terbuka di rumah
Sumber: https://www.housebeautiful.com/

Mempengaruhi Keindahan Rumah

Tanpa adanya sekat yang diterapkan pada dapur dengan konsep terbuka, artinya memungkinkan semua orang dapat melihat desain interior, dekorasi dan penataan dapur. Sehingga apapun yang terjadi di dapur juga mempengaruhi desain interior rumah secara keseluruhan. Maka jika dapur tampak berantakan dan kotor, otomatis rumah juga jadi berkurang keindahannya. Sebaliknya jika dapur tampak rapi dan bersih, maka akan mempertegas keindahan interior rumah. Hal ini bisa menjadi poin yang menguntungkan Sobat Rooang, sehingga selalu memperhatikan kebersihan dan penataan dapur.

inspirasi dapur terbuka di rumah
Sumber: https://domino.com/

Tak Harus Di Dalam Rumah

Dapur bergaya terbuka tak memberi batasan pada pemilik rumah untuk lokasi penempatan dapur. Sobat Rooang bisa menempatkan dapur di tengah-tengah rumah dekat dengan ruang keluarga atau ruang tamu atau bahkan berada di belakang rumah yang berdekatan dengan taman. Sehingga tak menutup kemungkinan untuk memiliki dapur dengan konsep outdoor yang menyenangkan bukan?

ide dapur terbuka di rumah
Sumber: https://domino.com/

Aroma Masakan Menyebar

Salah satu fakta yang bisa menguntungkan atau merugikan Sobat Rooang adalah aroma masakan yang mudah menyebar ke seluruh ruangan. Karena tanpa penyekat, aroma masakan dari dapur terbuka di dalam rumah, dapat membangkitkan selera makan atau justru mengganggu pernapasan.

konsep dapur terbuka modern
Sumber: https://www.hgtv.com/

Semoga dengan beberapa pertimbangan tersebut, Sobat Rooang bisa memutuskan ingin menerapkan konsep dapur terbuka di rumah atau tidak ya. Atau Sobat Rooang juga bisa mengkonsultasikan detail desainnya dengan para ahlinya.