Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: Pinterest

Jika melihat cuaca dan iklim Indonesia yang berada dalam wilayah geografi tropis, wajar jika rumah bergaya tropis masih merupakan salah satu rumah yang banyak diminati. Wajar saja, karena sudah seharusnya segi kenyamanan di dalam rumah harus sangat diperhatikan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang tak boleh diabaikan dalam membuat rumah bergaya tropis di Indonesia. Hal ini agar rumah terasa lebih nyaman dan menyenangkan untuk dihuni.

Warna

Rumah bergaya tropis umumnya menerapkan warna netral, warna alam serta warna-warna cerah. Agar tampak cantik dan tak terkesan norak, Sobat Rooang dapat memadukan warna-warna cerah tersebut dengan perabotan atau furniture yang memiliki kesan alami dan natural. Sedangkan untuk pilihan warna-warna alami yang tampak natural, Sobat Rooang dapat memilih warna biru yang menggambarkan warna langit.

rumah bergaya tropis
Sumber: Pinterest

Ventilasi Alami

Dibanding menggunakan alat pendingin ruangan, rumah bergaya tropis umumnya lebih menonjolkan ventilasi udara untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik. Sehingga udara tetap dapat mengalir dengan baik dari dan keluar rumah. Dengan banyaknya ventilasi di dalam rumah, juga membuat rumah kaya akan cahaya alami matahari. Tentunya dengan ventilasi yang baik, rumah jadi jauh dari kesan lembab dan pengap.

desain rumah bergaya tropis
Sumber: https://www.remodelaholic.com/

Unsur Hijau

Nuansa alam tropis Indonesia identik dengan tanaman dan tumbuhan hijau. Sehingga wajar jika ingin membuat rumah bergaya tropis, Sobat Rooang memasukkan unsur hijau ke dalam area rumah. Tak harus dengan membuat taman atau halaman rumah yang besar dan luas, Sobat Rooang bisa memasukkan unsur hijau ke dalam rumah dengan menggunakan tanaman dalam pot-pot kecil. Jadi meski rumah tak terlalu besar, nuansa sejuk dan segar khas tumbuhan tetap terasa kuat di dalam rumah bergaya tropis. Letakkan pot-pot tanaman itu di sudut-sudut ruangan atau secara vertikal agar tak membuat rumah terkesan penuh. Atau Sobat Rooang juga bisa menggantungnya dengan dekorasi atau hiasan yang cukup cantik sehingga dapat memperindah dekorasi rumah.

membuat desain rumah bergaya tropis
Sumber: https://freshome.com/

Unsur Air

Tak harus membuat kolam renang yang besar di rumah. Untuk memberi unsur air pada rumah bergaya tropis, Sobat Rooang bisa membuat kolam kecil di halaman rumah. Agar lebih menarik dan segar, Sobat Rooang pun bisa menambahkan elemen hiasan agar kolam kecil tersebut terkesan lebih menawan. Misalnya dengan elemen hiasan yang seperti air terjun mini. Suara gemericik airnya juga akan memberi kesan tenang dan damai pada rumah.

membuat rumah bergaya tropis
Sumber: https://homedesignlover.com/