1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
menata loteng rumah
Sumber: Pinterest

Kebanyakan orang, memanfaatkan loteng rumah sebagai tempat penyimpanan atau gudang untuk meletakkan barang-barang yang tak terlalu berguna. Bahkan tak sedikit pula yang menganggap loteng sebagai area yang diabaikan begitu saja. Padahal loteng bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan menjadi area yang lebih berguna. Misalnya untuk kamar tidur, ruang keluarga, ruang bersantai, atau bahkan perpustakaan pribadi. Yang terpenting adalah tanpa mengabaikan kunci dalam memanfaatkan loteng yang cukup penting untuk diperhatikan.

Jika Sobat Rooang tertarin memanfaatkan loteng sebagai ruangan tertentu yang lebih berguna, berikut beberapa kunci dalam memanfaatkan loteng yang harus diingat.

Kunci Dalam Memanfaatkan Loteng – Mengetahui Ukurannya

Dengan mengetahui ukuran loteng, tentu akan lebih memudahkan Sobat Rooang dalam mendesain dan menata ulang loteng menjadi sebuah ruangan. Pasalnya untuk membuat ruangan yang nyaman, loteng di rumah juga harus memiliki ukuran yang lega. Misalnya jika dirasa kurang tinggi, Sobat Rooang bisa meninggikan atap loteng setidaknya berjarak 2,5 meter dari lantai loteng. Sehingga saat berdiri di dalam loteng, Sobat Rooang tidak terbentuk atapnya.

kunci dalam memanfaatkan loteng
Sumber: Pinterest

Mengubah Lantai

Umumnya plafon rumah, menggunakan bahan yang tak terlalu kuat dan tebal untuk dijadikan pijakan yang kuat. Sehingga hal ini tentu akan berbahaya jika dijadikan lantai pada loteng rumah. Oleh karena itu jika ingin mengubah loteng rumah menjadi sebuah ruangan, Sobat Rooang harus mengganti lantai loteng agar lebih nyaman dan kuat. Gunakan bahan yang kuat menampung furnitur-furnitur ruangan dan tak terlalu tebal sehingga tak memberatkan penyangga.

mendesain loteng rumah
Sumber: http://okedecors.com/

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di dalam loteng harus diperhatikan dengan baik, agar loteng yang akan dimanfaatkan sebagai sebuah ruangan tersebut nantinya tidak memiliki hawa panas yang membuat tak nyaman. Sobat Rooang bisa memasang insulator di bawah genteng untuk mengurangi penyerapan panas di dalam loteng. Buatkan juga jendela tambahan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam loteng sehingga tak pengap.

mengubah loteng rumah
Sumber: Pinterest

Perhatikan Cahaya

Perhatikan kebutuhan cahaya dalam loteng. Jika loteng dirasa masih terlalu gelap, Sobat Rooang bisa mempertimbangkan pengaplikasian skylight di atap loteng sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam loteng saat siang hari, dan membuat loteng tak terkesan gelap. Cahaya matahari tersebut juga akan membantu loteng terjaga kelembabannya.

kunci dalam memanfaatkan loteng rumah
Sumber: https://www.bloglovin.com/

Dengan beberapa kunci dalam memanfaatkan loteng rumah sebagai sebuah ruangan pun menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, bukan?