Reading Time: 5 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ludwig mies van de rohe bapak arsitek
Sumber : http://www.architecture.org/architecture-chicago/

Desain rumah minimalis memang mulai populer di Indonesia sejak tren desain bergaya klasik mulai ditinggalkan oleh para pemilik rumah. Mengingat desain klasik membutuhkan banyak material untuk ornamen ukiran dan dekorasinya, maka rumah bergaya minimalis hanya berfokus kepada aspek pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari setiap batas atau sekat ruangan.

arsitektur desain rumah minimalis
http://www.sibfa.com/minimalisme-architecture.html

Dalam prinsip arsitektur modern kesan simpel alias sederhana adalah hal yang paling mendasar untuk bisa membuat sebuah bangunan menjadi tampil minimalis. Minimalis dalam sebuah prinsip arsitektur difokuskan pada hal-hal yang fungsional dan efisien. Bentuk-bentuk geometris yang polos apa adanya tanpa dekorasi adalah karakter dari arsitektur minimalis. Tapi seperti apa, penjelasan mendalam soal rumah minimalis? Simak artikel inspiratif yang satu ini, yah!

Sejarah Desain Arsitektur Minimalis

ludwig-mies-van-de-rohe
https://www.widewalls.ch/artist/ludwig-mies-van-der-rohe/

Arsitek Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier adalah dua bapak arsitek pelopor yang memberikan pengaruh terbesar dalam unsur kesederhanaan dalam konsep arsitektur minimalis.

Hal itu bermula di akhir tahun 1980-an, dimana kota London dan New York yang mulai berontak dengan konsep rumah klasik yang penuh ukiran dekoratif yang rumit.

Hingga akhirnya para arsitek sampai perancang busana mencoba untuk menciptakan konsep kesederhanaan (simplicity) dengan menggunakan elemen putih, pencahayaan yang terkesan dingin, ruang yang besar dengan objek dan furnitur yang minimum yang kemudian disebut sebagai minimalism (minimalis).

Ide mengenai prinsip kesederhanaan dalam arsitektur sebenarnya telah muncul di berbagai budaya, namun yang paling mencolok ada di Jepang, yang khas dengan ‘budaya Zen’. Sehingga pada akhirnya masyarakat Jepang memanipulasi dan memasukkan ‘budaya Zen’ ke dalam estetika dan desain bangunan mereka.

budaya arsitektur zen
https://www.delightfull.eu/blog/ways-add-japanese-style-interior-design/

Baca juga: Karakteristik Desain Rumah Bergaya Jepang

Hingga akhirnya ide inilah yang banyak mempengaruhi budaya Barat terutama di Amerika sejak pertengahan abad ke-18, yang kemudia menginspirasi munculnya arsitektur minimalis di belahan dunia barat pada abad ke-19. Konsep kesederhanaan budaya Zen ini berbicara banyak mengenai ide kebebasan dan esensi hidup.

Kesederhanaan ternyata tidak hanya dilihat dari nilai estetisnya saja, tetapi juga dari persepsi moral sebuah objek dan bahan. Seperti desain ruang makan di atas yang menunjukkan konsep kesederhanaan dengan sedikit perabot di area ruang makan, sehingga memaksimalkan ruangan untuk bisa digunakan sebagai kegiatan lain.

Pedoman, Prinsip, Karakteristik Arsitektur Minimalis

Prinsip estetika Jepang lainnya yaitu ‘Ma’ mengacu pada ruang kosong dan terbuka. Konsep ini menghilangkan semua dinding internal yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Frank Lloyd Wright terinspirasi oleh pintu geser (sliding door) di Jepang yang memungkinkan elemen eksterior masuk ke interior ruangan.

ludwig mies van de rohe bapak arsitek
Sumber : http://www.architecture.org/architecture-chicago/

Salah satu bangunan dengan gaya minimalis yang terkenal adalah Farnsworth House. Farnsworth House merupakan rumah pribadi milik dr. Edith Farnsworth yang merupakan seorang ahli penyakit ginjal di Amerika.

Rumah yang didesain oleh Ludwig Mies van der Hohe ini disebut sebagai karya paling penting dari dunia arsitektur di abad 20, yang dikenal sebagai abad ‘pemberontakan arsitektur’. Rumah yang hanya memiliki satu kamar ini didesain menggunakan baja dan kaca.

Dan dengan dominasi warna putih yang berguna sebagai jembatan untuk memasukkan elemen eksterior ke dalam interior, rumah ini terlihat sangat menyatu dengan alam di sekitarnya.

arsitektur desain rumah minimalis
Sumber : https://www.quora.com/What-is-minimalism-in-architecture

Dalam desain arsitektur rumah minimalis, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Arsitektur minimalis mempunyai motto “listen to figure”, yang berarti dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih.

Arsitektur minimalis tidak hanya mempertimbangkan kualitas fisik bangunan saja, namun mereka juga melihat secara mendalam ke dalam dimensi spiritual yang tidak terlihat, dengan memberi perhatian lebih terhadap detail, manusia, ruang, alam, dan bahan. Minimalism percaya bahwa menemukan sesuatu yang abstrak dan tidak terlihat seperti cahaya alami, langit, bumi, dan udara sebenarnya akan memberikan sebuah makna dan kualitas pada sebuah bangunan.

Adapun ciri-ciri dari sebuah arsitektur minimalis yang paling mencolok adalah bentuknya yang geometris. Ciri utama dari arsitektur minimalis lainnya adalah, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut fasad bangunan bersudut 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton. Jika ada ciri-ciri di atas maka sebuah bangunan baru bisa disebut sebagai sebuah arsitektur bergaya minimalis.

Contoh-Contoh Gaya Rumah Arsitektur Minimalis

Inspirasi desain rumah minimalis lantai dua yang menarik dan juga cantik.

Contoh Desain Rumah minimalis 2 lantai
http://www.delood.com/architecture/

Inspirasi desain rumah minimalis yang memiliki satu lantai pun, tidak kalah menarik.

Desain umah minimalis 1 lantai
http://www.thecoolist.com/the-glass-pavilion-house-by-steve-hermann/

Baca juga: 125+ Model Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Arsitektur Minimalis dan Arsitektur Kontemporer

Banyak orang yang keliru dan menyamakan bahwa sebuah arsitektur yang simpel dan sederhana semuanya dianggap sebagai bentuk dari gaya arsitektur minimalis. Padahal arsitektur minimalis dan gaya kontemporer adalah dua hal yang sangat berbeda.

Karena ciri utama dari arsitektur minimalis lainnya adalah, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut fasad bangunan bersudut 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton maka banyak orang yang menilai jika gaya arsitektur ini tidak memikirkan konteks lingkungan sekitar dan tradisi budaya setempat.

Sehingga membuat semua bangunan yang dibangun menjadi terlihat sama, padahal setiap bangunan itu adalah unik dan punya identitas tersendiri. Dari sinilah awal masa arsitektur post-modern muncul dengan konsep kontemporer yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pada zamannya.

arsitektur minimalis dan kontemporer
Sumber : https://www.archdaily.com/192396/

Arsitektur kontemporer sendiri adalah gaya desain berbasis apa saja yang diciptakan dan diproduksi saat ini. Oleh karena itu, gaya arsitektur kontemporer bersifat dinamis dan mengikuti zaman. Gaya kontemporer tidak mewakili satu gaya tertentu, melainkan kombinasi dari beberapa gaya dan zaman.

arsitektur minimalis dan kontemporer
Sumber : http://zmeeed.info/home-architecture/

Mengingat arsitektur kontemporer memiliki prinsip fleksibilitas, yang mencakup konsep modern namun disesuaikan dengan nilai tradisi lokal, maka material dari gaya desain kontemporer dapat bergantung dan disesuaikan dengan material pada sumber daya alam setiap kota ataupun Negara.

kotemporer minimalis desain rumah
Sumber : Sujiva Living ©Somia Design

Sehingga kesan seragam, seperti produk buatan pabrik bisa dihilangkan dari pandangan masyarakat yang mengkritik gaya desain arsitektur minimalis. Munculnya konsep arsitektur kontemporer seperti sebuah angin segar di dunia arsitektur yang mulai jenuh akan bentuk geometris dan material baja yang digunakan di seluruh dunia.

Dan kearifan lokal dari setiap negara bisa disematkan dalam bentuk desain sebuah arsitektur, agar makna sebuah arsitektur jadi lebih relate terhadap kehidupan manusia dan tidak hanya bermakna sekedar sebuah bangunan saja.

2 COMMENTS