Reading Time: 6 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
CONTRIBUTORArsitag
SOURCERosida Widyastuti

Berciri khas

inspirasi tampak depan
Rumah minimalis tampak depan dengan batu alam Rumah UB karya Parama Dharma [Sumber: arsitag.com]
Batu alam digali dari bongkahan besar dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan oleh para produsen batu alam. Ukuran lempengan batu alam dibatasi hanya oleh ukuran bongkahan kasar dan bukan dengan dimensi yang ditentukan oleh produksinya. Ukurannya bisa disesuaikan untuk memenuhi persyaratan perencanaan.

Selain itu, tersedia berbagai bentuk yang diinginkan, tidak hanya lempengan kotak atau persegi panjang. Mesin pengolah modern memungkinkan pengerjaan pahatan atau tatahan pada batu alam. Beragam batu alam dan kemungkinan pengolahan dan desainnya menonjolkan keunikan bahan bangunan alami ini. Berikut adalah beberapa bentuk unik finishing batu alam:

  • Finishing acid
inspirasi tampak depan
Tampak depan rumah minimalis dengan batu alam finishing acid Rumah UB karya Parama Dharma [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini menggunakan cairan asam tertentu dalam proses pengerjaannya, yang menghasilkan beragam tekstur cantik berdasarkan komposisi asam yang digunakan. Dengan teknik acid, batu alam terlihat mengilap meskipun bertekstur kasar.

  • Alur Mesin /Graveer
inspirasi tampak depan
Material batu alam teknik graveer pada dinding pagar Private Residence at Kebayoran Baru karya Atelier Prapanca [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini menggunakan mesin maupun manual. Tampak depan rumah minimalis banyak yang menggunakan teknik graveer, mulai dari dinding, retaining wall, pilar, pagar, hingga kolam (wall pond).

  • Poles / Polished
inspirasi tampak depan
Material batu alam pada tampak depan rumah minimalis teknik poles [Sumber: rumahuni.com]
Batu alam dengan teknik poles (polished) menghasilkan kesan halus dan licin. Berbeda dengan teknik acid, cara ini dilakukan dengan menggunakan mesin. Batu alam dengan teknik ini banyak diaplikasikan untuk elemen eksterior maupun interior bangunan.

  • Semipoles / Honed
inspirasi tampak depan
Material batu alam teknik semipoles (honed) MONOCHROME INTERIOR HOUSE AT TAMBUN karya Vaastu Studio [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini hampir sama dengan teknik poles. Bedanya, hasil akhir semipoles terkesan lebih doff atau blur, artinya tidak mengilap seperti teknik poles. Cara pengerjaannya pun sama, hanya saja menggunakan jenis mesin yang berbeda dari teknik poles.

  • Rata Bakar
inspirasi tampak depan
Material batu alam teknik rata bakar pada tampak depan rumah minimalis Modern Land DL karya Kurniadi Sugiarta [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini dilakukan dengan cara membakar batu alam menggunakan gas elpiji dan oksigen, yang menghasilkan permukaan batu kasar, tetapi terlihat lebih alami dan memiliki spektrum warna yang berbeda. Teknik ini cocok diaplikasikan untuk elemen eksterior maupun interior seperti dinding, lantai, teras, carport, dan lain-lain.

inspirasi tampak depan
Tampak depan rumah minimalsi dengan batu alam teknik rata alam (warna krem) Dicky House karya Monokroma Architect [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini dilakukan secara manual dengan cara ditatah. Alat yang digunakan adalah palu dan paku bobok, yang menampilkan kesan natural. Namun, bentuk ini lebih “ekstrem” atau permukaannya sangat tidak beraturan. Hampir semua jenis batu dapat dibentuk dengan teknik ini. Finishing ini biasanya diaplikasikan pada elemen eksterior bangunan seperti dinding, pilar, dan pagar.

  • Rata mesin
inspirasi tampak depan
Tampak depan rumah minimalis dengan material batu alam teknik rata mesin (warna krem) House at Kelapa Gading karya Architium Design [Sumber: arsitag.com]
Teknik ini menggunakan mesin dalam pengolahannya dan menghasilkan tampilan alami, halus, tetapi tidak mengilap. Hampir semua jenis batu alam dapat diproses dengan teknik ini.

 

 

< berikutnya… >