Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
rumah ramping
Sumber : alma-nac.com

Dengan lahan yang berada di antara dua bangunan dan miskin dengan pencahayaan, Studio Alma-nac dari London berhasil mendesain sebuah rumah ramping yang bisa mengatasi permasalahan pencahayaannya dengan bentukan atap rumahnya.

rumah ramping
Sumber : alma-nac.com

Dengan lebar lahan 2.3 meter, mereka berhasil memberikan keunikan pada bentuk rumah yang juga dapat berfungsi dengan baik. Memang tidak terlihat seperti bayangan awal, inilah bentuk depan dari rumah ramping itu. Berada di lingkungan padat dan sibuk di St John’s Hill, Clapham, London. Tampak biasa saja, namun akan terlihat berbeda dari sisi belakangnya yang sudah didesain menarik.

rumah ramping
Sumber : alma-nac.com

Dengan ruangan sempit yang memanjang, ruangan dalam rumah dapat menimbulkan rasa sesak. Namun mereka berpendapat bahwa kunci dari mendesain rumah ini adalah dengan memastikan pencahayaan alami dapat masuk ke dalam ruang di rumah sehingga memberikan kesan ruang yang luas dan terang. Dengan mendesain area belakang rumah ini, rumah jadi terasa lebih luas dan juga terang. Dengan atap miring yang dilengkapi dengan skylight akan memenuhi kebutuhan pencahayaan alami pada ruangan. Pada ketinggian atap yang paling rendah terdapat ruang makan dan juga dapur yang langsung terhubung dengan halaman belakang rumah. Belakang rumah dibuat sangat rimbun dengan adanya pepohonan dan tanaman di samping dinding pembatasnya. Tidak lupa juga terdapat gudang di area outdoor ini.

rumah ramping
Sumber : alma-nac.com
rumah ramping
Sumber : alma-nac.com

Masih di lantai dasarnya. Ruang dapur sudah dilengkapi dengan plafon yang juga merupakan struktur lantai untuk ruangan di atasnya. Furniture pada dapur dibuat dengan material dan warna yang terang sehingga cahaya dari skylight yang terhubung dengan ruang makan dapat masuk ke ruangan ini. Menjadikan dapur lebih terang dan nyaman untuk beraktivitas. Lantai dasar dilengkapi dengan area masuk, ruang tamu, dapur, ruang makan, dan juga halaman belakang. Sedangkan untuk lantai keduanya adalah dua kamar tidur dan kamar mandi.

rumah ramping
Sumber : alma-nac.com
rumah ramping
Sumber : alma-nac.com

Dua kamar tidur pada lantai dua memiliki ukuran yang berbeda karena salah satunya merupakan kamar tidur utama. Pada kamar tidur utama, terdapat area berdandan yang terdiri dari almari pakaian dan juga cermin serta alat dandan. Ruangan ini terhubung langsung dengan kamar tidur utamanya. Kamar tidur dibuat berbatasan langsung dengan atap miring dan memberikan jendela pada ruangan tersebut yang dapat dibuka untuk sirkulasi udara dan cahaya. Untuk mendapatkan desain seperti ini, tentunya ketinggian ruang dan sisi miring atap harus diperkirakan agar dapat menaungi area ini. Sedangkan pada kamar tidur lainnya, tersedia jendela pada dinding yang menghadap jalan utama rumah ini. Ketika malam hari pun, rumah ini dapat menampilkan desainnya yang cantik dan menarik. Dengan pencahayaan pada seluruh ruanga dan pada jalanan setapak di halaman belakangnya.

Sumber : Furnizing.com

— courtesy : Arsitekturpedia