Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
merawat pagar rumah agar tak mudah berkarat
Sumber: mirgallery

Salah satu kekurangan dari pagar besi yang sulit dihindari memanglah masalah karat. Apalagi pagar rumah biasanya terletak di bagian luar rumah yang mudah terkontaminasi debu, kotoran serta terkena langsung dari efek perubahan suhu dan cuaca, sehingga resiko pagar jadi mudah berkarat pun semakin besar. Maka diperlukanlah tindakan pencegahan dengan cara merawat pagar rumah agar tak berkarat.

Mengingat jika pagar sudah terlanjur berkarat, kerusakan yang bisa ditimbulkan pun bermacam-macam ya, Sobat Rooang. Yang paling parah, jika pagar besi sudah mulai keropos dan ada bagian yang hilang. Biasanya jika sampai seperti itu maka kita pun harus mengganti pagar besi dengan yang baru. Yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghindarinya, pagar besi harus dirawat dengan baik agar tak mudah berkarat.

cara merawat pagar rumah agar tak berkarat
Sumber: kreasirumah

Gunakan Cat Besi Anti Karat

Salah satu cara untuk melindungi pagar besi agar tak mudah berkarat adalah dengan melapisi pagar dengan cat besi yang memiliki kemampuan anti karat nih, Sobat Rooang. Sapukan cat besi anti karat tersebut pada seluruh pagar besi untuk mencegah pagar mudah berkarat.

trik merawat pagar besi
Sumber: onekindesign

Jika Pagar Terlanjur Berkarat

Penanganan yang diperlukan untuk menangani pagar yang tidak berkarat dengan pagar yang telah berkarat tentu berbeda. Karena jika pagar terlanjur berkarat dan kita hanya mengoleskan cat anti karat pada bagian luarnya begitu saja, tentu hasilnya jadi tak optimal. Permukaan pagar pun jadi kurang cantik.

cara merawat pagar rumah agar tak mudah berkarat
Sumber: fotorumahmewah

Untuk itu sebelum melapisi pagar dengan cat besi anti karat, Sobat Rooang harus membersihkan bagian karat pada pagar besi terlebih dahulu. Sobat Rooang bisa menggunakan sikat untuk membersihkan pagar, sebelum kemudian mengampelasnya hingga benar-benar bersih. Agar lebih yakin kalau permukaan pagar sudah bersih, Sobat Rooang bisa gunakan kain lap yang kering untuk membersihkan ulang seluruh permukaan pagar.

Jika seluruh permukaan pagar sudah bersih, Sobat Rooang bisa mulai melapisi permukaan pagar besi dengan cat besi anti karat yang sudah disiapkan. Agar hasilnya lebih optimal, Sobat Rooang bisa melapisinya lebih dari sekali setelah lapisan yang sebelumnya kering terlebih dahulu. Dengan demikian, pagar besi pun jadi lebih terlindung dan tak mudah berkarat. Tertarik untuk menerapkan cara merawat pagar rumah agar tak berkarat ini?

tips merawat pagar agar tak berkarat
Sumber: craigreynolds

1 COMMENT