Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
atap rumah berbentuk datar
Sumber: myrooff

Ada berbagai bentuk atap rumah yang biasa digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia. Di antara berbagai bentuk atap yang ada, yang paling banyak digunakan adalah atap perisai, atap pelana serta atap berbentuk datar. Yang mana dari beberapa bentuk atap itu, atap rumah berbentuk datar termasuk bentuk atap yang belakangan ini cukup populer dan banyak diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern. Atap rumah berbentuk datar juga banyak dikenal dengan istilah atap dak beton, karena materialnya yang menggunakan bahan beton.

Salah satu yang jadi kelebihan atap datar sehingga banyak disukai adalah karena adanya area kosong pada atap yang datar, bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai atau bertanam. Maka tak heran jika atap rumah berbentuk datar pun makin diminati. Meski begitu, ternyata atap rumah berbentuk datar ini punya beberapa jenis yang berbeda-beda lho. Apa saja sih jenis-jenisnya atap datar?

atap rumah berbentuk datar
Sumber: obarchitecture

Atap Rumah Berbentuk Datar Jenis Built-Up

Jenis atap datar built-up tersusun dari tiga layer material atau lebih. Yang mana umumnya salah satu layer tersebut menggunakan material waterproof yang dilapisi dengan batu kali, batu kerikil atau fiberglass. Dibanding jenis atap datar lainnya, jenis atap built-up termasuk dalam golongan yang paling tradisional.

rumah dengan atap datar
Sumber: possibledecor

Atap Single-Ply

Jika dibandingkan dengan atap datar jenis built-up, atap single-ply termasuk jenis atap datar yang jauh lebih tipis dan lebih ringan seperti rubber roofing serta PVC (poly vinyl chloride). Biasanya atap datar jenis ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan residensial serta bangunan komersial. Lapisannya terdiri dari material yang harus tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Di mana biasanya lapisan tersebut dipasangnya mengunakan lem.

rumah beratap datar
Sumber: Pinterest

Atap Jenis Spray-On

Jenis atap rumah berbentuk datar lainnya adalah spray-on, yang mana merupakan jenis atap datar yang paling banyak disukai dan banyak digunakan untuk bangunan-bangunan modern. Meski jenis atap ini cenderung memiliki masalah dengan genangan air, namun atap spray-on bisa bertahan lebih dari 20 tahun jika pemasangan dan perawatannya dilakukan dengan tepat lho.

Sobat Rooang sendiri tertarik bikin rumah dengan atap datar tidak?